Sukses

Tiga Misteri Black Hole yang Belum Terpecahkan

Selama ini keberadaan black hole masih menjadi misteri bagi semua orang, baik para peneliti ataupun orang awam.

Citizen6 Selama ini keberadaan black hole masih menjadi misteri bagi semua orang, baik para peneliti ataupun orang awam. Bahkan mungkin sebagian besar orang masih belum tahu tentang apa itu black hole atau lubang besar. Ini adalah suatu lubang pemusatan massa yang berukuran besar dan menghasilkan gaya gravitasi yang besar. 

Seperti yang banyak digambarkan di film-film, lubang ini bisa menyedot benda apapun secara misterius. Berikut beberapa misteri mengenai black hole yang masih belum terpecahkan.

Karakteristik

Bisa dibilang cara kerja black hole ini seperti penyedot debut atau vacum cleaner. Hanya saja ukurannya sangat besar, bahkan bumi pun bisa tertelan oleh black hole. Gerakan lubang hitam ini semu, namun bisa menelan semua benda termasuk cahaya secara tiba-tiba. Lubang hitam akan terus bergerak secara teratur dan berkesinambungan. Bisa dibilang, tidak ada yang bisa selamat apabila berhadapan dengan black hole.

Ukuran

Sampai saat ini para ilmuan dan peneliti masih memperdebatkan masalah ukuran black hole. Namun lubang hitam raksasa tersebut ukurannya diperkirakan 10 kali lipat lebih besar ketimbang matahari. Tapi penelitian lain membuktikan bahwa tidak semua black hole punya ukuran yang sama. Bahkan ada juga yang ukurannya bisa mencapai 1 juta kali ukuran matahari. Padahal matahari saja besarnya berkali-kali lipat dari bumi, ya?

Keberadaan

Di muka bumi kita ini, ada satu tempat yang sering dikait-kaitkan dengan black hole, yakni Segitiga Bermuda. Pasalnya di tempat itu sering terjadi hilangnya kapal atau pesawat yang melintas. Sulit memang mendeteksi keberadaan black hole. Namun dalam sebuah penelitian, sempat terjadi suatu fenomena di mana cahaya bintang yang sedang diamati tiba-tiba menghilang. Para astronom menyimpulkan cahaya bintang tersebut terhalang oleh black hole yang melintas.

Sampai detik ini masih banyak hal yang belum diketahui secara pasti mengenai black hole. Para ilmuwan pun masih terus melakukan penelitian mengenai black hole, demi memecahkan berbagai misteri yang masih tersimpan rapat. Bagaimana menurut Anda?

Pengirim:

M Sufyan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

****Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini