Sukses

Selain Bentuknya, Lima Patung Ini Punya Kisah Menyeramkan

Selain memiliki fungsi sebagai karya seni, patung juga acapkali menjadi penanda bersejarah akan seseorang atau sebuah kejadian.

Citizen6 Patung merupakan salah satu karya seni yang paling disenangi manusia. Hampir di setiap sudut kota, kita melihat banyak sekali patung yang berdiri megah. Selain memiliki fungsi sebagai karya seni, patung juga acapkali menjadi penanda bersejarah akan seseorang atau sebuah kejadian.

Tidak hanya memiliki bentuk yang membuat merinding, patung-patung ini juga mengandung cerita kelam di baliknya. Inilah sejarah di balik beberapa patung menyeramkan, yang mungkin akan membuat Anda susah tidur.  

Blucifer

Patung berbentuk kuda memang cukup terkenal di hampir semua negara. Hewan ini memang menjadi salah satu simbol dari kekuatan dan perlawanan. Kota Denver juga memiliki sebuah patung kuda yang terletak tepat di depan Bandara Denver.

Sekilas, memang tidak ada yang aneh dari patung ini. Namun, di malam hari, badan dari kuda tersebut akan mengkilat dengan cahaya kebiruan yang agak seram. Belum lagi bola matanya yang memancarkan sinar merah menambah kesan horor dari patung yang disebut rakyat lokal sebagai “Patung kuda setan dari neraka” ini. Seramnya lagi, sang pencipta patung ini meninggal ketika dalam proses pembuatan Blucifer. Salah satu bagian dari patung ini terjatuh dan menimpa kaki sang pematung dan membuatnya tewas seketika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wang Saen Suk

Wang Saen Suk

Taman Wang Saen Suk didirikan oleh para pemuka agama Buddha untuk menunjukkan seperti apa bentuk neraka dalam ajaran agama tersebut. Di taman ini, Anda akan melihat sepasang patung raksasa. Kedua patung tersebut tampak kurus kering dengan lidah yang menjulur demikian panjang.

Selain dua patung menyeramkan tadi, terdapat pula beberapa patung kecil yang tidak kalah seram. Ada yang tubuhnya digergaji menjadi dua dan ada pula yang dicambuk hingga berdarah-darah. Ini semua adalah gambaran dari hukuman yang akan didapatkan oleh orang-orang yang berbuat jahat selama hidupnya. Dalam taman ini, orang-orang memiliki leher yang sangat kecil. Hal tersebut disebut sebagai hukuman agar mereka selalu merasa tercekik dan kehausan.

3 dari 5 halaman

Quetzalcoatl

Quetzalcoatl

Patung Quetzalcoatl terletak di jantung kota San Jose. Hingga saat ini, masih tidak ada yang mengetahui pasti bentuk dari patung ini. Ia tampak seperti ular yang melingkar, namun kepalanya tampak seperti naga. Namun di sisi lain dia juga memiliki bulu seperti burung.

Patung ini dibuat untuk menghargai orang-orang Hispanic yang merupakan penduduk asli dari San Jose. Pada tahun 1992, sang pematung menyelesaikan patung seharga $500.000 ini. Orang-orang tampak kurang puas dengan hasil kerjanya karena patung ini tidak terlihat megah, namun justru menyeramkan.

4 dari 5 halaman

Patung Bayi Tanpa Wajah

Patung Bayi Tanpa Wajah

Pada tahun 2000 pemerintah di Prague memutuskan untuk menambahkan 10 buah patung di pusat kotanya. Bukan patung mewah nan megah, namun justru patung berbentu bayi merangkak tanpa wajah. Ini adalah hasil karya dari artis paling kontroversial dan menyeramkan di negara tersebut, David Cerny. Patung-patung tersebut diletakkan di tengah-tengah taman Kampa.

Patung ini terbuat dari bahan fiber-glass. Wajah mereka tampak bolong dan seperti terhisap ke dalam. Hingga saat ini tidak ada penjelasan resmi ataupun keterangan dari sang artis tentang makna dari karyanya yang membuat orang merinding ini.

5 dari 5 halaman

Monumen Tanpa Kepala

Monumen Tanpa Kepala

Terletak di kota Legazpi, Filipina, ada sebuah patung yang membuat siapa saja yang lewat menjadi bergidik. Terdapat sesosok patung yang sedang berlutut, dengan kedua tangan terikat ke belakang dan tanpa kepala. Menurut sebuah versi, patung ini adalah untuk mengenang para pahlawan lokal pada Perang Dunia II. Namun versi lain mengatakan bahwa patung ini adalah lambang dari kejahatan perang yang pernah terjadi.

Menurut beberapa orang lokal, pada November 1945, warga sekitar tempat itu menemukan sebuah mayat tentara Filipina tanpa kepala. Karena tentara tersebut memakai seragam tentara Filipina, mereka mengaggap mayat itu adalah mayat dari pahlawan mereka. Setelah membuat sebuah parade dengan membawa mayat tersebut keliling kota, akhirnya mereka setuju untuk membuat patung mengerikan ini.

Beberapa fakta sejarah tentang patung-patung di atas memang masih menjadi bahan perdebatan. Demikian juga dengan beberapa artis yang menolak untuk menceritakan kisah di balik karyanya yang membuat bulu kuduk berdiri itu. Namun tidak urung, patung-patung itu tetap berdiri megah dan menjadi ikon di tempatnya masing-masing.

Patung mana yang paling seram menurut Anda? Apakah Anda pernah melihat patung yang tidak kalah seramnya di kota-kota lain di Indonesia? Selengkapnya bisa Anda baca di sini. (hlh/ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

****Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.