Sukses

Aneh, Negara Makmur Ini Gemar Impor Sampah

Berbeda dengan negara lainnya yang menganggap tumpukan sampah hanya merupakan limbah kotor dan tak berguna

Citizen6, Jakarta Berbeda dengan negara lainnya yang menganggap tumpukan sampah hanya merupakan limbah kotor dan tak berguna, negara satu ini malah menganggap sampah adalah benda yang masih dapat diolah kembali sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang lebih berguna, bahkan negara ini pun dapat dikatakan menjadi makmur karena sampah, oleh sebab itu mereka gemar impor sampah dari negara lainnya.

Ya, Swedia memang tergolong sebagai negara Eropa yang makmur yang salah satu penyebab kemakmuran negara ini didapatkannya dari tumpukan sampah yang diimpor dari negara-negara lain. Hal tersebut disebabkan semua sampah hasil impor akan langsung di daur ulang dengan sangat baik dan rapi berdasarkan konsep WTE (Waste to Energy)

Lalu setelah diolah, limbah sampah tadi akan menjadi apa? Nantinya, setelah melalui proses pengolahan dengan cara pembakaran, maka hasilnya akan langsung digunakan untuk tenaga pembangkit listrik, yang tentunya akan langsung disalurkan ke seluruh bangunan yang menggunakan listrik di Swedia. Perlu anda ketahui, pembangkit listrik yang tenaganya berasal dari sampah ini mampu memberikan pasokan listrik yang sangat besar, setidaknya daya listrik yang dihasilkannya mampu memenuhi ratusan ribu rumah tangga yang tinggal di Swedia.

Pasokan sampah yang dibutuhkan Swedia tentu saja bukan hanya berasal dari impor negara lain contohnya seperti Inggris, Irlandia, Norwegia dan Italia yang jumlahnya mencapai sekitar 800.000 ton sampah, namun juga berasal dari negara Swedia itu sendiri lewat bantuan dari para penduduknya yang memang sangat rajin memilih dan mengumpulkan sampah atau limbah rumah tangga yang nantinya akan dibuang ke tempat pembuangan sampah, untuk kemudian dijadikan sebagai bahan pembangkit tenaga listrik.

Jadi, bila anda berkunjung ke Swedia jangan kaget melihat negara tersebut terlihat indah dan bersih, sebab semua sampah atau limbah rumah tangga dan industri sudah dikelola dengan sangat rapi untuk diolah kembali menjadi hal yang lebih bermanfaat yakni bahan pembangkit tenaga listrik.

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini