Sukses

Ini Dia, 3 Alasan Lagu Genjer-Genjer Identik dengan PKI

Lagu "Genjer-Genjer" dianggap identik dengan PKI, ini beberapa alasanya

Citizen6, Jakarta Pada tahun 1960-an, lagu “Genjer-Genjer” sangat terkenal seantero Nusantara. Lagu yang dibesut oleh Muhammad Arif, seniman asli Banyuwangi ini dianggap mampu mewakili nasib rakyat Indonesia pada waktu itu. Namun, pada zaman sekarang, di beberapa wilayah di Indonesia justeru melarang memutar lagu “Genjer-Genjer”.

-

 

Faktanya, terjadi banyak kasus pencekalan saat memutar lagu tersebut. Misalnya saja di Yogyakarta, medio 2014 lalu. Lantas apa masalahnya? Ada yang bilang lagu “Genjer-Genjer” dianggap identik dengan PKI. Lalu bagaimana ceritanya, lagu “Genjer-Genjer” menjadi sangat identik dengan PKI? Berikut tiga alasan yang membuat lagu “Genjer-Genjer” identik dengan PKI.

1. Dibuat oleh seniman lekra

Lekra yang merupakan Lembaga Kebudayaan Rakyat adalah organisasi yang berdiri dengan panji-panji PKI. Kesenian yang lahir dari Lekra kebanyakan memang mengkritisi pemerintah pada masa itu. Termasuk salah satunya lagu “Genjer-Genjer” yang diciptakan oleh Muhammad Arif salah seorang seniman Lekra. Hal ini yang membat lagu “Genjer-Genjer” menjad idetik dengan PKI. Lagu ini pun tidak hanya digemari oleh kalangan Partai Komuns melainkan masyarakat umum secara luas.

Sejak awal, lagu ini diciptakan oleh Muhammad Arif yang notabene seorang seniman Lekra yang disinyalir dibawah PKI. Juga lagu ini dikembangkan pula oleh kalangan komunis. Walaupun pada perkembangannya di era tahun 1960-an, lagu ini tidak hanya digemari oleh kalangan komunis saja, tetapi juga masyarakat secara luas, karena lagu ini sebenarnya terinspirasi saat penjajahan Jepang.

2. Dinyanyikan pada saat penculikan para jendral

Satu hal yang paling berpengaruh mengapa lagu “Genjer-Genjer”mejadi identik dengan PKI lantaran andil Pemerintah Orde Baru. Menurut Pemerntah Orba, para anggota Gerwani (Gerakan Wanita Indonesia) dan Pemuda Rakyat yang disinyalir merupakan organisasi dibawah PKI, menyanyikan lagu “Genjer-Genjer” ketika para jendral diculik, diinterogasi dan "disiksa" di Lubang Buaya Jakarta. Sehingga ‘seolah-olah' semakin memperjelas bahwa lagu ini mempunyai hubungan intim dengan PKI. Peristiwa ini juga digambarkan pada film Pengkhianatan G 30 S/PKI karya Arifin C. Noer, pada masa Pemerintah rezim Orde Baru.

3. Plesetan dari jendral-jendral

Plesetan lagu “Genjer-Genjer” menjadi “Jendral-Jendral” pun menambah satu alasan yang menguatkan lagu ini memang identik dengan PKI. Khusunya ketika peristiwa G 30 S tahun 1965 terjadi, Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia , diduga juga memplesetkan lagu "Genjer-Genjer" menjadi "jendral-jendral", sehingga maknanya menjadi berbeda dengan versi alsinya. Dengan alasan itu, semakin mempertegas lagi lagu ini untuk segera dicekal dan dilarang peredarannya. Padahal, beberapa seniman di Banyuwangi yang pertama kali mempopulerkan lagu ini, merasa tidak tau apa-apa tentang plesetan lirik lagu ini, dan merasa heran oleh pihak - pihak yang mendiskreditkan lagu ini.

 

 

Padahal sejarah diciptakannya lagu “Genjer-Genjer” berawal dari keprihatinan yang dialami masyarakat Indonesia karena penjajahan Pemerintah Jepang. Sistem penjajahan yang diterapkan Jepang membuat rakyat Indonesia kesulitan dalam berbagai bidang. -Sebenarnya genjer adalah nama sebuah tanaman semacam ganggang. Akibat situasi yang sulit itu rakyat Indonesia terpaksa memakan genjer yang dimasak layaknya sebuah sayur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini