Sukses

Siput Terkecil di Dunia Ditemukan di Tiongkok

Sekelompok peneliti menemukan populasi siput tanah dengan ukuran yang sangat kecil.

Citizen6, Jakarta Belum lama ini komunitas ilmiah asal Tiongkok merilis penemuan micronalis mereka ke publik. Sekelompok peneliti menemukan populasi siput tanah dengan ukuran yang sangat kecil. Bahkan siput ini diklaim sebagai yang terkecil di dunia. Para peneliti menemukan spesies siput ini di Propinsi Guangxi, Tiongkok Selatan.

Spesies tanah ini diketahui hanya berukuran 0,86 mm termasuk cangkangnya. Bahkan karena ukuran yang sangat kecil, sampai-sampai satu lubang jarum bisa dimasukki oleh 10 spesies siput ini. Para penemu yang terdiri dari Barna Pall-Gergely dan Takahiro Asami dari Shinshu University, Adrienne Jochum dari University and Natural History Museum of Bern, dan Andras Hunyadi dikabarkan sudah menemukan setidaknya tujuh spesies siput baru di seluruh dunia.

Dan siput yang ditemukan di Propinsi Guangxi tersebut adalah siput yang paling kecil. Siput tersebut ditemukan dalam sebuah sampel tanah yang diambil dari dasar tebing kapur di Guangxi yang tidak jauh dari Vietnam bagian utara.

Belum banyak penjelasan mengenai bagaimana siput ini hidup. Tapi salah satu diantara tim peneliti menjelaskan bahwa kemungkinan makhluk kecil ini memakan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur filamen. Hipotesis lain mengatakan bahwa bentuk kerang yang bulat memungkinkan siput kecil ini mengapung di permukaan air bila diperlukan.

Di sisi lain Pall Gergely mengungkapkan bahwa siput kecil yang ditemukan oleh timnya itu akan memberikan implikasi besar bagi para ilmuwan dan masyarakat umum. Ukuran tubuh organisme ini sangat ekstrem, dan pasti bisa menarik perhatian masyarakat. Tim peneliti tersebut berharap hasil penemuan mereka bisa menjadi dasar taksonomi untuk studi di masa depan mengenai evolusi dwarfisme untuk hewan invertebrata.

Tapi sayang, siput kerdil ini belum memecahkan rekor dunia siput terkecil di dunia. Pasalnya saat ini pemegang rekor siput terkecil adalah spesies siput laut yang panjangnya berkisar antara 0,32 mm sampai 0,46 mm. Sedangkan rekor siput terbesar dipegang oleh spesies siput tanah asal Afrika yang ukurannya 15,5 inci atau sekitar 39,4 cm.

Penulis:

M Sufyan

 

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.