Sukses

Nemo Garden, Hasilkan Sayuran dan Buah dari Dalam Laut

Sebuah perusahaan di Italia berhasil menciptakan perkebunan bawah laut pertama di dunia yang diberi nama "Nemo Garden".

Citizen6, Italia Sebuah perusahaan di Italia berhasil menciptakan perkebunan bawah laut pertama di dunia yang diberi nama "Nemo Garden". Perkebunan ini terdiri dari lima biosphere transparan yang berlabuh ke dasar laut di pantai Savona, Italia.

Juru bicara proyek, Luca Gamberini, menjelaskan tentang proyek mengeksplorasi metode alternatif memproduksi tumbuhan di dalam laut ini.

"Target utama proyek ini adalah untuk menciptakan sumber-sumber alternatif produksi tanaman di daerah, di mana kondisi lingkungan membuat sulit untuk tanaman tumbuh melalui pertanian konvensional, termasuk kurangnya air bersih, tanah subur dan perubahan suhu ekstrim," ucap Luca.

"Kami berusaha untuk menemukan teknologi alternatif dan ekonomis yang memungkinkan produksi lebih efisien," lanjutnya.

Odditycentral.com

Saat ini, beberapa tanaman seperti stroberi, kemangi, kacang-kacangan, bawang putih, dan selada sedang dalam masa percobaan tumbuh tanpa sinar matahari yang berada di kedalaman 18 - 36 kaki. Tumbuhan-tumbuhan tersebut juga akan selalu dipantau oleh Ocean Reef Group, yakni sebuah perusahaan penyelaman.

Odditycentral.com

"Kami telah menginstal banyak Webcam dan kita dapat dengan mudah memeriksa semuanya. Kami juga memiliki panel sensor dengan data dari laboraturium yang terhubung ke internet sehingga dapat diakses siapa pun," tambahnya.

Odditycentral.com

Ocean Reff juga berencana untuk membuat aquarium versi yang lebih kecil untuk ditempatkan di rumah. Namun, untuk saat ini mereka belum berniat untuk menjual produk mereka karena mereka hanya menggunakannya untuk membuat saus pesto bagi para tamu. (ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.