Sukses

Tak Hanya Cinta, Tokoh Berpengaruh Dunia Ini juga Memakai Batik

Tokoh-tokoh dunia berepengaruh yang mengaku mencintai batik dan bahkan memakainya.

Citizen6, Jakarta Batik merupakan ragam budaya khas yang ditetapkan UNESCO pada 2009 lalu. Sebelumnya batik sempat diklaim oleh Negara lain sebagai produk budaya mereka. Akan tetapi, berkat kegigihan pemerintah Indeonesia, batik akhirnya dipatenkan secara resmi sebagai produk budaya Indonesia dan diakui oleh dunia. Berikut tokoh-tokoh dunia yang mengaku mencintai batik dan bahkan memakainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Nelson Mandela

Mandela

1. Nelson Mandela

Nelson Mandela adalah mantan Presiden Afrika Selatan. Mandela juga dikenal sebagai tokoh pembebasan politik apartheid. Di beberapa acara, Mandela tampak terekam kamera sedang memakai batik. Tidak hanya dalam kunjungannya ke Indonesia, Mandela juga sering memakai batik untuk berkunjung ke negara-negara lain. Seperti saat mengunjungi Ratu Elisabeth II di Istana Buckingham dan saat membuka gelaran akbar Piala Dunia 2014. Mandela juga mengaku mencintai batik dan mengoleksi batik dengan motif yang beragam.

3 dari 7 halaman

Barack Obama

Batik

2. Barack Obama

Siapa yang tak kenal dengan Barack Obama? Presiden Amerika Serikat yang pernah tinggal di Indonesia ini juga kerap tampil mengenakan batik. Seperti saat acara East Asia Summit Indonesia 2011. Corak batik yang dipakai Obama pun seragam dengan batik yang dikenakan Presiden SBY. Obama mengaku mencintai batik dari ibunya, Ann Dunhan. Kata Obama, bahkan koleksi batik ibunya pernah dipamerkan di Los Angeles pada 2009 silam.

4 dari 7 halaman

Bill Clinton

Batik

3. Bill Clinton

Bill Clinton adalah mantan Presiden Amerika Serikat, saat kunjungannya ke Indonesia Bill Clinton juga mengenakan batik. Didampingi Presiden Soeharto, Bill Clinton mengenakan batik coklat kekuningan. Padahal waktu itu, batik belum diresmikan sebagai ragam budaya khas Indoensia oleh UNESCO.

5 dari 7 halaman

Bill Gates

Batik

4. Bill Gates

Bill Gates orang terkaya nomor satu di dunia ini, pada kunjungan pertamanya ke Indonesia juga tampak mengenakan batik. Bos Microsoft ini memaka batiknya pada acara Presidential Lecture featuring Bilgates di Jakarta Convention Center tahun 2008. Gates hadir dengan balutan batik berwarna keemasan dengan motif pisang bali mangar. Gates tidak merencanakan akan mengenakan batik sebelumnya. Presiden SBY yang saat itu tidak mengetahui tamunya akan memakai batik, langsung mengganti kostumnya dari kemeja berdasi lengkap dengan jasnya. SBY berbalik dan mengenakan batik berlengan panjang untuk menghormati Bill Gates.

6 dari 7 halaman

Zinadine Zidan

Batik

5. Zinadine Zidane

Salah satu legenda hidup sepak bola asal Prancis ini juga mengenakan batik saat kunjungannya ke Indonesia. Zidane memakai batik dengan paduan jeans biru dan sepatu kets putih. Dalam kesempatan itu, Zidane tetap lincah mem-freestyle bola di hadapan Presiden SBY dan beberpa penggemarnya di tanah air.

7 dari 7 halaman

Carlos Santana

Batik

6. Carlos Santana

Carlos Santana adalah musisi legendaris asal Mexico. Dia dikenal dengan keahlian bermain gitar melodinya. Dia disebut-disebut sebagai gitaris senior berpengaruh yang memberikan permainan gitar elektronik dengan sedikit menggunakan pedal. Di beberapa even Santana tampak mengenakan batik. Fotonya banyak beredar di dunia maya dengan balutan batik yang berbeda-beda. (war)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.