Sukses

Mora'akeke, Ritual Minta Hujan Suku Kaili, Sulawesi Tengah

Musim kemarau yang berkepanjang menyebakan kekeringan di beberapa daerah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Musim kemarau yang berkepanjangan melanda Indonesia selama beberapa bulan terakhir ini membuat beberapa daerah mengalami kekeringan. Mulai dari gagal panen sampai kebakaran hutan pun menjadi akibatnya. Banyak cara dan usaha yang sudah dilakukan, mulai dari bantuan pemerintah, ritual secara agama dan budaya pun sudah dilakukan.

Salah satu daerah yang terkena dampak musim kemarau di Sulawesi Tengah, tepatnya di lima desa Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi mengalami kekeringan. Para tetua adat di Kabupaten Sigi pun ikut turun tangan dengan melakukan ritual adat minta hujan atau yang biasa disebut Mora'akeke. Lima desa di Kecamatan Sigi Biromaru tersebut adalah Oloboju, Bora, Sidera, Soulove dan Vatunonju. Mora'akeke merupakan ritual yang bertujuan untuk memohon kepada Tuhan agar meredupkan sinar matahari yang menyebabkan kemarau panjang sekaligus menambah deras air sungai Vuno yang mengering. Banyak persiapan dan perlengkapan yang dilakukan dalam ritual Mora'akeke. Mulai dari Topogimba, Menyembelih tiga ekor kambing, babi dan anjing, serta mempersiapkan Bayaha dan Vunja.

Selengkapnya dapat dibaca di sini

 

Pengirim :

Prabowo Ramadan

 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk Anda melalui Citizen6? Caranya dapat dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini