Sukses

Mengenal Jenis-jenis Kopi Nusantara Terfavorit

Indonesia memiliki ragam kopi yang begitu kaya sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia

Citizen6, Jakarta Bentang alam yang begitu luas dengan suburnya tanah pertiwi ini menghasilkan beragam jenis kopi. Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak macam kopi menjadi kebanggaannya. Berikut ini beberapa jenis kopi paling juara yang dihasilkan oleh nusantara :

1. Kopi Sumatera

Kopi Sumatera salah satu kopi paling juara, kopi yang paling dikenal dari Pulau Sumatera adalah Kopi Sidikalang, Kopi Lintong dan Kopi Mandheling. Beberapa ahli kopi mengatakan kopi Sumatera memiliki cita rasa unik karena dengan karakteristik dengan aroma rempah dan juga earthy. Dengan tekstur halus dan dan berbau tajam yang khas, kopi-kopi Sumatera menjadi salah satu kopi terlaris di dunia. 

2. Kopi Sulawesi

Kopi paling dikenal dari Sulawesi adalah Kopi Toraja. Rasa yang kuat dan kadar asam yang tinggi menjadi salah satu ciri khas dari Kopi Toraja. Meskipun sedikit mirip dengan kopi-kopi dari Sumatera, aroma yang dihasilkan kopi teraja memiliki kekhasan sendiri. Keunikan itulah yang diminati oleh para pecinta kopi seluruh dunia.

3. Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo merupakan salah satu kopi Arabica terbaik di seluruh dunia. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Aromanya yang sangat tajam menjadikan jenis kopi ini disukai. Meskipun memiliki citarasa pahit, namun ada rasa gurih yang diberikan setelah usai meneguk kopi ini. 

4. Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Hal tersebut terjadi dikarenakan tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk. Dengan proses penanaman tumpang sari seperti ini, Kopi Bali Kintamani memiliki aroma segar dengan citarasa lebih lembut dibanding kopi nusantara lainnya. 

5. Kopi Papua Wamena

Kopi dari timur Indonesia yang ditanam pada ketinggian 1.200 m menghasilkan citarasa ringan dengan aroma yang tajam. Hal yang paling istimewa dari kopi ini karena ditanam secara organik, tanpa campur tangan bahan kimia apapun. Jika kamu menyukai kopi yang ringan, bertekstur lembut dan nyaris tanpa ampas maka Kopi Papua Wamena menjadi pilihan yang tepat.

6. Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa dihasilkan terutama dari Kabupaten Ngada. Kopi ini memiliki sedikit aroma fruity dan sedikit bau tembakau merupakan citarasa yang diberikan pada after taste-nya. Sebuah keunikan yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

Kekayaan citarasa kopi yang dimiliki oleh Nusantara ini tentu saja patut menjadi hal yang juga kamu jelajahi. Selamat menikmati kopi. (rn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.