Sukses

Tiga Alasan Ini Seharusnya Membuat Palestina Merdeka

Ternyata di tahun 2015 ini, masih ada negara yang masih merasa dijajah oleh negara lain. Negara tersebut adalah Palestina.

Citizen6, Jakarta Kemerdekaan harusnya menjadi hak segala bangsa, seperti satu pernyataan yang ada di dalam Pembukaan UUD 1945. Namun ternyata di tahun 2015 ini, masih ada negara yang masih merasa dijajah oleh negara lain. Negara tersebut adalah Palestina, yang sejak pertama kali merdeka pada tahun 1948 silam masih terus mengalami konflik dengan Israel. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa alasan yang saat ini harusnya bisa membuat Palestina bebas dari Israel.

Negara-negara di Eropa Dukung Palestina 

Hal pertama yang di luar dugaan adalah ternyata sebagian besar negara di Eropa mendukung kemerdekaan Palestina. Berbeda dengan Amerika Serikat yang seolah lebih memihak kepada Israel. Dengan dukungan dari banyak negara, Presiden Palestina juga sudah mengajukan permohonan kepada PBB supaya Israel bisa segera menghentikan penjajahan mereka dengan tenggang waktu hingga November 2016 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PBB Sudah Akui Palestina

PBB Sudah Akui Palestina

Setelah sekian lama terlibat konflik dan menjadi negara yang tidak diakui PBB, baru-baru ini akhirnya PBB mengakui negara Palestina sebagai salah satu anggota PBB. Bahkan sebenarnya dari 193 negara anggota PBB, sebagian besar mendukung kemerdekaan Palestina. Hanya ada 9 negara yang tidak menyetujui permohonan kemerdekaan tersebut. Sedangkan sekitar 41 negara tidak memberikan pendapat mereka.

3 dari 3 halaman

KAA di Bandung Mendukung Kemerdekaan Palestina

KAA di Bandung Mendukung Kemerdekaan Palestina

Selain negara-negara di Eropa, seluruh anggota KAA yang dilangsungkan di Bandung juga mendukung Palestina untuk bisa segera lepas dari Israel. Rami Hamdallah mengakui bahwa sejak lama hubungan Palestina cukup baik dengan Indonesia, terutama dengan Ir Soekarno. Mereka menyerukan kepada seluruh dunia supaya Palestina bisa segera dimerdekakan. PBB pun nampaknya harus mengambil tindakan tegas untuk Israel yang sudah memberikan perlakuan tidak manusiawi kepada Palestina.

Kurang lebih itulah tadi tiga alasan yang seharusnya mendorong PBB untuk segera memberikan hak kemerdekaan kepada Palestina. Pasalnya, semakin hari jumlah korban tidak bersalah yang berjatuhan akibat ulah tak berperikemanusiaan Israel semakin bertambah. Semoga Israel bisa segera memberikan hak hidup seutuhnya untuk masyarakat negara Palestina.

Pengirim:

M Sufyan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini