Sukses

3 Penemuan Arkeologi Paling Mencengangkan Dunia

Citizen6, Jakarta Penemuan arkeologi dianggap sangat berharga karena penemuan tersebut pasti bisa digunakan untuk mengetahui sepenggal sejarah perjalanan suatu tempat. Bahkan proses penemuannya pun pasti tidak mudah. Dibutuhkan pencarian, penggalian dan penelitian yang pasti menyita banyak waktu. Tapi sepanjang sejarah manusia, ada beberapa penemuan arkeologi yang dianggap paling mencengangkan. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Penemuan Tengkorak Vampir

Selama ini vampir mungkin dianggap hanya sebuah mitos dan cerita yang tersebar dari mulut ke mulut. Tapi ada sebuah penemuan arkeologi yang mungkin akan membuat Anda tercengang dan percaya bahwa vampir pernah ada. Ditemukan sebuah tengkorak yang di mulutnya dijejali dengan batu bata. Coba bayangkan untuk apa orang tersebut dibunuh dengan disumpal batu bata di mulutnya. Meskipun banyak yang berpendapat bahwa itu vampir, tapi banyak juga ilmuwan yang berpendapat kontra.

2. Grauballe Man

Penemuan arkeologi dianggap sangat berharga karena hal tersebut bisa digunakan untuk mengetahui sepenggal sejarah.

Disebut grauballe man karena jasad pria yang satu ini ditemukan dalam bentuk mumi di dekat rawa. Tapi bukan hanya itu saja, karena yang unik dari mumi grauballe man yang satu ini adalah, rambut dan kukunya masih utuh. Jasad tersebut terlihat dibungkus dari bagian leher sampai bagian kepalanya. Kemungkinan yang dijelaskan oleh para peneliti adalah, pria ini sepertinya menjadi korban, atau yang dalam budaya Indonesia sering disebut dengan tumbal.

3. Rapa Nui

Penemuan arkeologi dianggap sangat berharga karena hal tersebut bisa digunakan untuk mengetahui sepenggal sejarah.

Mungkin Anda pernah mendengar situs bersejarah yang satu ini. Rapa Nui sendiri terletak di Pulau Paskah, sebuah tempat yang dikatakan paling terisolir di dunia. Jaraknya ribuan mil dari pantai Chili di Pasifik Selatan. Namun penemuan yang paling mencengangkan adalah, ditemukannya tanda-tanda kehidupan manusia di pulau tersebut. Lalu masyarakat pulau itu juga sempat membangun patung-patung kepala batu besar di sekitar pulau.

Ketiga penemuan tersebut mungkin masih banyak menyimpan misteri, karena hasil penelitian para arkeolog pun belum tentu akurat. Mungkin saja ada kisah-kisah di masa lalu yang tidak bisa ditebak menggunakan teknologi masa kini. Jika saja ada mesin waktu, semua misteri pasti bisa terjawab tanpa meninggalkan teka-teki.

Penulis:

M Sufyan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.