Sukses

5 Bentuk Protes yang Unik Akibat Kabut Asap

Kabut asap yang melanda di beberapa wilayah di Indonesia mendapat protes dari berbagai pihak. Foto: Taufik Noor/Instagram

Citizen6, Jakarta Kabut asap yang melanda di beberapa wilayah di Indonesia mendapat protes dari berbagai pihak. Apalagi, upaya penanganan dari pemerintah dinilai sangat lamban sehingga membuat sejumlah masyarakat kesal. Biasanya dalam upaya memprotes pemerintah, masyarakat menempuh jalur demo atau aksi. Akan tetapi, lebih dari sekadar demo, muncul protes-protes unik terhadap pemerintah karena bencana kabut asap. Berikut protes-protes yang tergolong unik tersebut. 

Desain surat kabar berselimut asap  

Salah satu surat kabar di Indonesia tiba-tiba tampil dengan gaya yang berbeda dari biasanya. Koran harian itu tampil dengan desain seolah surat kabar tersebut berasap. Surat kabar ini pun langsung mendapat apresiasi yang besar dari masyarakat. Desain tersebut bahkan membuat surat kabar itu nyaris tidak bisa dibaca. Dari akun resmi facebook milik surat kabar tersebut menjelaskan, surat kabar itu sengaja didedikasikan untuk warga di wilayah-wilayah yang sedang terkena bencana kabut asap. Seolah mereka mengajak kepada kita untuk mersakan langsung, betapa sulitnya di sana, bahkan hanya untuk sakadar membaca sebuah koran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Memberi masker kepada patung pahlawan

Memberi masker kepada patung pahlawan

Sejumlah warga di Jambi memberi masker kepada patung pahlawan yang menjadi ikon kota di sana. Aksi pemberian masker itu ditengarai sebagai bentuk protes warga terhadap lambannya penanganan pemerintah dalam bencana kabut asap. Tidak hanya patung pahlawan, patung iklan layanan masyarakat Keluarga Bencana juga tak luput diberi masker.

3 dari 5 halaman

Gambar garuda mengenakan masker

Gambar garuda mengenakan masker

Kali ini, protes akibat bencana asap tidak hanya muncul dari dalam negeri. Sejumlah Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga terkena imbasnya. Meme berupa sindiran pun beredar di twitter. Salah satu meme tersebut bergambar lambang Negara Indonesia, Burung Garuda yang sedang menggunakan masker.

4 dari 5 halaman

Hastag dari kartunis #masihmelawanasap

Hastag dari kartunis #masihmelawanasap

Selanjutnya, protes juga muncul dari kartunis Indonesia. Sesuai keahliannya, para kartunis tersebut membuat sejumlah karikatur satir untuk menyuarakan aspirasi warga kepada pemerintah. Karikatur itu beberapa di antaranya beredar di twitter dengan tagar #masihmelawanasap.

5 dari 5 halaman

Muncul website thankyouindoforthecleanair.com

Muncul website thankyouindoforthecleanair.com

Cukup lama negara mungil ini didera udara tak sehat, sampai menimbulkan gejolak di antara warga di dunia maya. Sebuah situs yang bertajuk "Thank You Indonesia for 11 months of clean air!" diduga dibuat oleh netizen Singapura. Selain karena kiriman asap, pemicu lain dari situs ini sebagai tanggapan atas ucapan Wakil Presiden Jusuf Kalla beberapa waktu lalu. "Selama 11 bulan, para tetangga kita menikmati udara segar dari Indonesia dan mereka tak pernah berterima kasih. Sekarang mereka kena getah dari kabut asap dan mereka kesal," begitu ucapnya. (war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini