Sukses

5 Kota di Dunia Ini Memiliki Banyak Bahasa, Termasuk Jakarta

Di kota-kota berikut ini, bahasa yang digunakan sangat beragam. Kota Jakarta termasuk di dalamnya

Citizen6, Jakarta Sebuah situs bernama Ethnologue baru-baru ini mencatat dan mendokumentasikan berbagai bahasa di seluruh dunia. Berdasarkan data dari situs tersebut terdapat 5 kota di dunia yang memiliki bahasa paling banyak termasuk ibu kota negara kita, Jakarta. Tidak dipungkiri jika Jakarta menjadi gudang dari berbagai bahasa karena masyarakat yang tinggal di dalamnya berasal dari penduduk di berbagai daerah seluruh negeri. Berikut kelima negara yang memiliki bahasa paling banyak.

1. Jakarta, Indonesia: 700 Bahasa

Boleh dikatakan pendatang di Jakarta jumlahnya bisa dua kali lipat dibanding penduduk asli. Hal tersebut bisa dilihat pada momen-momen hari besar keagamaan yang mana sebagian besar pendatang pulang kampung dan menyisakan sudut-sudut kota yang lengang. Pada hari biasa masyarakat yang berasal dari berbagai etnis di Indonesia berkumpul menjadi satu dengan tujuan yang sama yaitu mencari nafkah dan kehidupan yang lebih baik.

2. Port Moresby, Papua Nugini: 800 Bahasa

Port Moresby memiliki kasus yang serupa dengan Jakarta. Statusnya sebagai ibu kota negara membuatnya menjadi magnet bagi warga dari pelosok untuk datang dan mengadu nasib. Oleh karenanya di dalam kota tersebut dicatat oleh Ethnologue memiliki 800 bahasa yang berbeda. Dengan banyaknya variasi bahasa tersebut menjadikan kota ini begitu kaya akan percampuran bahasa.

3. Lagos, Nigeria: 500 Bahasa

Tidak harus menjadi ibu kota negara bagi sebuah kota untuk menjadi tujuan merantau dan mengadu nasib. Seperti Kota Logos misalnya, kota di Nigeria ini bukanlah ibu kota tapi banyak warga yang datang untuk mengadu nasib karena kota tersebut merupakan salah satu kota tersibuk di sana.

Selengkapnya, baca langsung di  sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.