Sukses

Hati-hati dengan 3 Kebiasaan Ini, Sama Bahayanya dengan Merokok

Anda bukan perokok? Jangan lega dulu, perhatikan beberapa kebiasaan ini yang mungkin Anda lakukan. Yang sama bahayanya dengan merokok!

Liputan6.com, Jakarta Selama ini banyak orang yang seolah memusuhi rokok dan para perokok, terutama para perokok aktif yang suka merokok di sembarang tempat tanpa mempedulikan orang di sekitarnya. Perokok pasif memang juga berbahaya, tapi jangan sangka kalau tidak ada kebiasaan lain yang sama berbahayanya dengan kebiasaan merokok. Ternyata ada tiga kebiasaan yang juga cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dilakukan secara terus menerus. Berikut ulasannya.

1. Duduk Terlalu Lama

Anda orang kantoran atau programmer yang setiap hari harus berkutat berjam-jam di depan komputer? Berhati-hatilah, karena ternyata kebisaan duduk terlalu lama bisa sama berbahayanya dengan kebiasaan merokok. Banyak penyakit-penyakit berbahaya yang ternyata bisa dipicu dari kebisaan duduk terlalu  lama. Misalnya seperti kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, bahkan kanker paru-paru. Untuk itu, imbangilah dengan rajin berolahraga dan banyak minum air putih.

2. Terlalu Banyak Konsumsi Daging dan Keju

Obesitas adalah masalah yang disebabkan oleh penumpukan lemak dan kolesterol yang tidak terkendali di dalam tubuh. Biasanya hal ini disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak teratur dan sembarangan. Tapi ternyata makan daging dan keju pun tidak boleh terlalu banyak. Padahal jika dilihat dari kandungan gizinya, daging dan keju sangat baik untuk kesehatan. Namun ternyata mengonsumsi protein hewani secara berlebihan bisa menimbulkan sel kanker.

3. Kurang Waktu Tidur

Tidur mungkin sering disepelekan oleh kebanyakan masyarakat modern. Kalau tidak mengantuk, bukan berarti Anda tidak butuh tidur. Tubuh tetap beristirahat dengan cukup supaya metabolisme tubuh berjalan lebih lancar dan pertumbuhan pun tidak terhambat. Namun ternyata kurang tidur bisa berimbas pada masalah kesehatan yang sangat serius, mulai dari stroke, jantung, hipertensi, obesitas, dan sebagainya.

Kebiasaan mana yang paling sering Anda lakukan? Atau Anda seorang perokok dan juga sering melakukan ketiga hal di atas? Lebih baik mulai sekarang perbaiki pola hidup Anda supaya menjadi lebih sehat. Hidup sehat itu mahal, karena taruhannya adalah nyawa yang dipinjamkan oleh Sang Pencipta.

 

Pengirim : Muhammad Sufyan

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini