Sukses

Cerita di Balik Pernikahan Sesama Jenis di Boyolali

Foto pernikahan pasangan sejenis Ratu Airin Karla dan Dumani, di Boyolali yang tersebar di media sosial menjadi perbincangan hangat weekend

Citizen6, Jakarta Foto pernikahan pasangan sejenis Ratu Airin Karla dan Dumani, di Boyolali yang tersebar di media sosial menjadi perbincangan hangat hingga hari ini. Netizen Indonesia pun bereaksi keras, setelah seorang kawan pasangan ini mengunggah foto-foto ‘pernikahan’ mereka di media sosial Facebook.

Di foto itu tampak Dum dan Dar, panggilan kedua pasangan tersebut, duduk berdua di pelaminan. Selama acara berlangsung, Dum dan Dar berlaku laiknya sepasang pengantin. Dar, yang merupakan waria itu didandani bak pengantin wanita, lengkap dengan kebaya Jawa, sanggul dan ronce melati. Sementara itu, Dum memakai jas resmi seperti pakaian pengantin pria pada umumnya.

Menurut tokoh masyarakat setempat, ‘pernikahan’ Dum dan Dar itu tidak pernah mendapat persetujuan dari orang tua mempelai, pun warga sekitar. “Sebab pernikahan sesama jenis itu tidak sesuai dengan hukum, adat, dan agama di sini,” ujar Sur, tokoh masyarakat setempat.

Dum dan Dar

Sur yang merupakan kepala desa setempat mengaku tidak pernah menerima permintaan izin terkait pernikahan mereka. Kalau pun mereka meminta izin sebelumnya, Sur tidak akan pernah melegalkan.

Berdasarkan info yang dihimpun oleh Citizen6, Dum dan Dar belum bisa dikatakan menikah karena tidak mengantongi izin dan persaratan menikah. Akan tetapi, anehnya Dum dan Dar menggelar pesta syukuran dengan tajuk ‘Tasyakuran Bersatunya Ratu Airin Karla dan Dumani, Mohon Doa Restu".

Yang menjadi pertanyaan, kapan keduanya menikah dan mengucap janji di depan penghulu? Jawabannya, belum dan mungkin tidak akan pernah karena di Indonesia, pernikahan sesama jenis tidak dilegalkan. (war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini