Sukses

5 Orang Ini Memiliki Daya Ingat yang Luar Biasa Tajam

Beberapa dari mereka merupakan orang-orang yang memiliki ingatan Otobiografi Super (HSAM) alias hyperthymesia

Citizen6, Jakarta Normalnya setiap orang hanya akan mengingat sesuatu yang sangat penting dan berkesan dalam hidupnya. Sementara ingatan lainnya yang terjadi sepintas akan hilang dan tidak akan pernah diingat kembali.

Namun beda halnya dengan orang-orang berikut ini, terlahir dengan kemampuan tak biasa mereka bisa mengingat semua kejadian yang pernah mereka alami. Hebatnya lagi kemampuan ingatannya masih terus berlanjut walau usia mereka sudah tak muda lagi. Mereka bisa mengingat dengan detil seolah-olah merekam semua kejadian dalam sebuah video.

1. Stefan Bleekrode

Seniman Belanda Stefan Bleekrode telah dianugerahi bakat yang sangat menakjubkan. Dia bahkan bisa menggambar sketsa kota-kota yang telah dikunjunginya dengan luar biasa rinci. Dan menariknya, dia melakukan itu hanya dengan menggunakan daya ingatnya.

Pria 28 tahun ini telah menggunakan kekuatan ingatannya untuk membuat sebuah cityscapes, serangkaian sketsa dari beberapa kota yang paling terkenal di dunia, seperti London, New York dan Paris. Gambar Stefan begitu rinci sehingga hampir mustahil untuk percaya dia hanya mengandalkan ingatannya.

2. Rebecca Sharrock

Rebecca Sharrock, 25 tahun, punya kemampuan mengingat hampir seluruh detil dalam hidupnya yang pernah dia alami. Dia bahkan mampu mengingat seluruh isi buku novel Harry Potter hingga kata per kata. Saking hebatnya perempuan asal Brisbane, Australia tersebut termasuk satu di antara 80 orang di dunia yang disebut mempunyai Ingatan Otobiografi Super (HSAM) alias hyperthymesia.

Kelainan itu berarti dia mampu mengingat setiap detil kejadian seolah-olah hal itu baru saja terjadi. Sharrock mengaku dia mampu mengingat semua hal sejak saat itu. Perempuan selalu memakai kacamata ini menuturkan karena kemampuannya itu terkadang ketika dia mengingat sesuatu maka dia bisa kembali merasakan emosi peristiwa itu.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.