Sukses

6 Fakta Bakteri yang Bisa Membuat Anda Terkejut (2)

Bakteri adalah mikroorganisme tak kasat mata yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Citizen6, Jakarta Bakteri adalah mikroorganisme tak kasat mata yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Mulai dari flu, radang tenggorokan, bahkan penyakit tipes pun disebabkan oleh bakteri. Maka dari itu kita semua harus sangat waspada terhadap bakteri, karena bakteri bisa ada di mana-mana dan bisa menempel atau masuk ke dalam tubuh kita kapanpun. Namun di selain ada banyak bakteri-bakteri penyebab penyakit, ternyata ada juga beberapa fakta unik seputar bakteri. Berikut ulasannya.

1. Bakteri di Keringat

Setiap orang pasti akan mengeluarkan keringat setiap harinya. Bahkan kalau tidak berkeringat sama sekali dalam sehari, bisa dibilang tubuh sedang dalam kondisi yang tidak sehat. Namun banyak orang yang enggan berkeringat karena keringat itu bau. Tunggu dulu, sebenarnya keringat yang keluar dari tubuh itu tidak berbau. Namun karena ada bakteri yang bercampur pada keringat, maka tubuh Anda yang berkeringat bisa menimbulkan bau.

2. Hairspray Bisa Terkontaminasi Bakteri

Hairspray biasanya digunakan oleh para pria untuk membuat rambutnya tetap klimis dan bentuk rambutnya bisa bertahan seharian. Namun yang mungkin tidak Anda ketahui adalah, hairspray Anda bisa ditinggali oleh beberapa jenis bakteri. Hal ini jelas akan berdampak buruk bagi rambut Anda apabila Anda tidak segera membersihkan rambut setelah memakai hairspray.

3. Ribuan Bakteri di Uang

Uang adalah alat tukar yang sah hampir setiap hari semua orang memegang atau minimal menyentuh uang. Namun setelah dikeluarkan oleh bank, uang pasti sudah berpindah tangan sekian puluh bahkan setian ratus kali. Jadi tak heran kalau ternyata ada sektiar 3.000 jenis bakteri yang hidup di uang. Jadi setelah memegang atau menyentuh uang, sebaiknya Anda cuci tangan. Terutama sebelum makan atau sebelum Anda tidur.

4. Bakteri Tertua di Dunia

Secara umum hampir tidak ada orang yang tahu berapa usia atau umur mikroorganisme bakteri mulai dari pertama kali hidup sampai mati. Namun ada fakta mengejutkan yang ditemukan oleh sekelompok peneliti yang melakukan riset di kawasan Antartika tahun 2007 lalu. Di kawasan yang penuh dengan es tersebut, para peneliti menemukan ada bakteri yang usianya sudah delapan juta tahun. Tua sekali, ya?

5. Sponge Cuci Piring

Setelah Anda makan dan minum, apa yang Anda lakukan selanjutnya? Ya, mencuci piring, dengan tujuan supaya piring yang Anda gunakan untuk makan bisa bersih lagi. Akan tetapi Anda harus tahu kalau ternyata pada sponge cuci piring berpotensi tumbuh bakteri baru setiap 20 menit. Jadi coba Anda hitung sendiri ada berapa banyak bakteri yang tumbuh pada sponge tersebut dalam waktu 24 jam.

6. Bakteri di Keyboard Komputer

Setiap hari di kantor Anda pasti menggunakan komputer untuk bekerja. Namun tanpa Anda sadari, setiap hari jari-jari Anda sebenarnya bersentuhan dengan ribuan bakteri yang menempel di keyboard. Faktanya, bakteri yang terkumpul di keyboard komputer jumlahnya 200 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan bakteri yang ada di dudukan toilet. Jadi sebaiknya setelah Anda menggunakan keyboard, cucilah tangan Anda menggunakan sabun.

So, itu dia enam fakta mengejutkan tentang bakteri yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Jadi sebaiknya Anda lebih sadar terhadap kebersihan lingkungan dan kebersihan tubuh supaya Anda tidak mudah terkena penyakit. Pasalnya bakteri bisa ada di mana-mana, termasuk pada benda-benda di sekitar kita.

Pengirim:

M. Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.