Sukses

Tiga Insiden Kapal Tenggelam Terburuk Selama 100 Tahun Terakhir

Dalam kurun waktu 100 tahun terakhir, tercatat ada beberapa peristiwa tenggelamnya kapal yang paling buruk dan mengerikan.

Citizen6, Jakarta Tenggelamnya kapal Titanic mungkin menjadi peristiwa tenggelamnya kapal yang paling populer di dunia. Pasalnya, kisah ini sudah diangkat ke layar lebar dan ditonton oleh jutaan orang di seluruh dunia. Kecelakaan kapal memang sangat rentan terjadi, meskipun tidak sesering terjadinya insiden kecelakaan kendaraan darat. Namun dalam kurun waktu 100 tahun terakhir, tercatat ada beberapa peristiwa tenggelamnya kapal yang paling buruk dan mengerikan.

Kapal Pesiar Costa Concordia 

Banyak versi cerita mengenai bagaimana kapal Costa Concordia terdampar menurut beberapa penumpang yang selamat. Beberapa versi orang menceritakan bahwa kapal pesiar itu mengalami kerusakan mesin, wabah penyakit yang menyerang para ratusan penumpang dan diserang oleh bajak laut Somalia. Namun menurut penelusuran, kecelakaan yang menyebabkan 30 orang meninggal itu diakibatkan oleh kebodohan kapten kapalnya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapal Angkatan Laut AS

Kapal Angkatan Laut AS

Peristiwa tenggelamnya kapal yang paling mencengangkan terjadi pada kapal Angkatan Laut AS di tahun 1941. Penyebabnya adalah serangan kejutan Jepang di Pearl Harbor. Peristiwa ini memakan korban hingga lebih dari 2.400 jiwa. Bahkan, kabarnya ada 1.700 orang lebih yang menjadi korban namun tidak ditemukan. Salah satu kapal perang Angkatan Laut AS juga ikut ditenggelamkan saat sedang berhenti di pelabuhan. Sejak saat itu Arizona sangat identik dengan makam para korban penyerangan Pearl Harbor.

3 dari 3 halaman

Kapal Wilhelm Gustolff

Kapal Wilhelm Gustolff

Peristiwa tenggelamnya kapal laut yang paling mencengangkan dalam seratus tahun terakhir menimpa kapal Jerman bernama Wilhelm Gustloff pada tahun 1945. Korban tewas diperkirakan mencapai 9.300 orang. Penyebabnya adalah karena kapal selam Soviet menyerang kapal Jerman itu dengan torpedo. Insiden ini terjadi saat Jerman dan Soviet sedang berperang. Dan kapal tersebut adalah kapal pengangkut pengungsi perang. Sekitar 4 ribu penumpang diantaranya adalah anak-anak.

Itulah tadi tiga tragedi tenggelamnya kapal yang paling mencengangkan dan mengerikan selama 100 tahun terakhir. Dua diantaranya terjadi akibat kondisi peperangan, sedangkan satu insiden kecelakaan kapal pesiar disebabkan oleh keteledoran kapten kapal.

Pengirim:

M Sufyan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini