Sukses

Tiga Pembuat Film yang Karyanya Tak Akan Dilupakan

Saat ini film menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari kehidupan manusia.

Citizen6, Jakarta Saat ini film menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari kehidupan manusia. Teknologi yang semakin modern membuat film lebih bisa dikemas dengan tampilan yang menarik dan menjual. Masyarakat bisa belajar lebih banyak dari sebuah film. Namun, di balik semua film modern yang pernah dibuat, dahulu sudah ada beberapa pembuat film di masanya yang karya-karyanya tidak akan pernah dilupakan sepanjang masa. Berikut ulasannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Edwin S Porter

Edwin S Porter, Film 3D Pertama

Jika Anda pernah menonton film 3D, berarti Anda telah menonton sebuah karya yang dimulai dari Edwin S Porter. Porter adalah orang yang pertama kali menemukan film 3D. Yang mengesankan adalah Porter melakukan hal tersebut pada 1915, ketika teknologi sangat jauh dari sekarang ini. Pertama kali ia menunjukkan cuplikan-cuplikan gambar kepada sekelompok penonton yang mulai dari tampilan 3D dari Niagara Falls, pedesaan Amerika dan beberapa kondisi di jalanan.

3 dari 4 halaman

William Dickson

William Dickson, Film Bersuara Pertama

Film yang pertama kali dibuat adalah film bisu atau tanpa suara, karena mungkin saat itu belum ditemukan cara atau teknologi untuk menggabungkan suara ke dalam film. Sebelum akhirnya seorang penyanyi jaz bernama William Dickson pertama kali membuat film bersuara pada 1927. Tak lama setelah penemuan kamera film pertama di Amerika Serikat, Dickson mencoba untuk menyinkronkan rekaman video yang bisu dengan suara.

4 dari 4 halaman

Alice Guy-Blache

Alice Guy-Blache, Film Fiksi Pertama

Alice Guy-Blache adalah seorang direktur wanita pertama dalam sejarah yang menjalankan sebuah studio besar. Sosok yang satu ini adalah orang yang berjasa menciptakan karya film fiksi pertama di dunia, tepatnya sekitar tahun 1890-an. Bahkan film fiksi buatan Alice Guy-Blache ini tiga tahun lebih dahulu sebelum perilisan film fiksi fantasi karya Georges Melies.

Jadi jika Anda melihat betapa luar biasanya film-film sekarang, maka itu tidak lepas dari jasa tiga orang di atas dan pelopor-pelopor di dunia perfilman lain yang karyanya sangat fenomenal, serta selalu akan dikenang sepanjang masa. (*)

Pengirim:

M Sufyan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini