Sukses

Hindari 5 Kalimat ini Ketika Melihat Perempuan Menangis

Seringkali kita kebingungan jika mendapati teman atau pacar menangis, yang pasti kamu harus hindari 6 kalimat ini.

Citizen6, Jakarta Menangis merupakan salah satu bentuk ekspresi emosi, yang seringkali dikaitkan dengan kesedihan. Meski kita ingin selalu melihat teman atau pasangan kita tersenyum dan berbahagia, namun dunia tidak selalu diisi oleh senyuman. Ketika melihat perempuan menangis, selalu ada rasa ingin menenangkannya bukan? Untuk itu kamu tidak perlu banyak berbicara, alih-alih menghibur terkadang kalimat yang kamu ucapkan bisa membuat situasi memburuk.

Berikut ini beberapa kalimat yang sebaiknya kamu hindari jika melihat pasanganmu menangis :

1. "Kamu nangis..?"

Mungkin air mata yang mengalir di pipi belum cukup menegaskan bahwa dia sedang menangis sehingga kamu perlu memastikannya kembali. Namun pertanyaan tersebut cukup menjengkelkan dan membuat malu. Hal yang akan terjadi selanjutnya adalah si perempuan akan menangis lebih keras sehingga kamu bisa benar-benar menyadari, mengacuhkanmu karena jengkel atau meninggalkanmu karena menganggap kamu tak mengerti. 

2. "Berhenti menangis.."

Kalimat tersebut bukalah mantra yang bisa langsung menghentikan tetes air mata di pipi. Kamu mungkin mengucapkan hal tersebut karena kamu tidak tega melihat seorang perempuan menangis. Sang perempuan pun ingin bisa berhenti menangis, tapi itu bukanlah hal yang mudah dan bukan kalimat seperti itu yang dibutuhkan. Apa kamu kira dengan menyebut kalimat itu lalu air mata langsung enggan keluar karena takut? 

3. "Itu bukan masalah besar.."

Bagimu mungkin masalah yang dialami bukanlah masalah besar. Tapi setiap orang punya pandangan berbeda dan kamu tidak berada dalam posisinya. Jadi berhentilah menilai suatu masalah berdasarkan penilaianmu sendiri.

4. "Menangis tidak menyelesaikan masalah"

Jangan anggap perempuanmu bodoh dengan menyatakan kalimat seperti itu. Semua orang tahu tangisan tidak menyelesaikan masalah, tapi bukan itu tujuan menangis. Itu hanya salah satu bentuk ekspresi dari emosi, jadi biarkan dia mengeskpresikan kesedihannya lewat tangisan. Setidaknya menangis bisa membuat lebih lega karena emosi tersebut telah dikeluarkan lewat air mata.

5. "Aku ngerti kok perasaanmu, aku juga pernah.."

Stop! Jangan lanjutkan kalimat itu dengan cerita-ceritamu. Mungkin ya kamu pernah mengalami hal yang serupa. Namun moment ketika perempuan menangis adalah miliknya, jangan merusak moment tersebut. Kamu bisa ceritakan itu setelah si perempuan selesai dengan tangisannya. 

Cara paling ampuh untuk menenangkan tangisan perempuan adalah dengan kamu diam, menyediakan pelukan, bahu atau sekedar menggenggam tangannya. Hal tersebut bisa memberi kekuatan lebih bagi sang perempuan dan menyatakan bahwa kamu ada untuknya. Beberapa lainnya mungkin hanya butuh dibiarkan sendiri, menikmati kesedihannya. (rn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.