Sukses

3 Alasan Mengapa Minum Alkohol itu Mematikan

Siapa sangka bahwa alkohol ternyata menjadi minuman yang menyebabkan kematian terbesar ketiga di negara sebesar Amerika Serikat.

Citizen6, Jakarta Sebagai masyarakat awam, alkohol memang dianggap sebagai minuman yang ‘tidak baik’. Dalam artian, seseorang yang minum alkohol pun dinilai sebagai orang yang tidak baik. Padahal di negara barat sana, minum alkohol seperti sudah menjadi budaya.

Di Indonesia pun mungkin demikian, namun sepertinya hanya di kalangan-kalangana atas saja. Namun di balik semua itu, sepertinya Anda juga perlu tahu beberapa alasan mengapa alkohol dianggap sangat mematikan. Berikut ulasannya.

Penyebab Kematian Terbesar di Amerika Serikat

Siapa sangka bahwa alkohol ternyata menjadi minuman yang menyebabkan kematian terbesar ketiga di negara sebesar Amerika Serikat? Mungkin karena di negara Paman Sam tersebut minum alkohol sudah membudaya. Dalam jangka waktu 2006-2010, tercatat sudah ada 88 ribu orang Amerika meninggal setiap tahunnya. Jadi dalam waktu empat tahun, Anda pasti bisa menghitung berapa ratus ribu orang yang meninggal karena kebiasaan minum alkohol.

Mengganggu Keselamatan Publik

Di masyarakat sering kali terjadi kasus kriminal yang dilakukan oleh orang-orang yang mabuk. Misalnya kasus tabrak lari, perampokan, pemerkosaan, hingga pembunuhan. Nah, sebuah penelitian di Inggris juga pernah membuktikan bahwa alkohol menjadi ‘barang’ yang paling berpotensi membahayakan keselamatan publik. Alasannya sangat bervariasi, mulai dari kejahatan seperti yang tadi sudah disebutkan, kerusakan lingkungan, konflik keluarga, bahkan sampai kerusakan internasional.

Pengaruh Alkohol Terhadap Anak

Mengapa alkohol dianggap sangat mematikan? Pasalnya, minuman yang satu ini memang dianggap sangat berpotensi bisa mematikan generasi-generasi penerus bangsa. Banyak orang tua peminum alkohol yang menjadikan anak-anaknya sebagai korban kekerasan. Bahkan terkadang kebiasaan buruk orang tua pun bisa ditiru oleh anak-anaknya. Jika sudah kecanduan alkohol, anak-anak pasti bisa nekat melakukan tindakan-tindakan negatif lainnya. Mulai dari merokok sampai menggunakan narkoba.

Jadi sepertinya sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya kita menghindari alkohol, demi keselamatan diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. Membela negara juga tidak harus dilakukan dengan wajib militer, tapi dengan hal-hal sederhana seperti menjauhi alkohol pun bisa menjadi salah satu jalan keluarnya. (ul)

Pengirim:

M Sufyan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini