Sukses

5 Orang Indonesia yang Sukses Tanpa Ijazah

Kalian mungkin adalah salah satu orang yang dituntut untuk harus memiliki ijazah oleh orangtua.

Citizen6, Jakarta Kalian mungkin adalah salah satu orang yang dituntut untuk harus memiliki ijazah oleh orangtua. Ijazah seolah menjadi satu-satunya kunci yang bisa membuat seseorang sukses. Padahal, tidak sedikit orang yang dapat sukses tanpa ijazah. Mereka mempunyai keyakinan yang kuat untuk menjadi orang sukses, tetap belajar tanpa harus duduk di bangku sekolah dan tetap menambah ilmu tanpa mempunyai bimbingan yang formal.

Di era yang semakin maju ini, kita memang dituntun untuk mempunyai ijazah, akan tetapi ijazah tanpa kerja keras dan kemauan yang besar tidak ada artinya, begitu juga jika tanpa ijazah. Tanpa kerja keras, kesuksesan tidak akan pernah menghampiri. Kita bisa belajar dari sosok orang sukses di bawah ini. Berikut adalah 5 Orang Indonesia yang sukses tanpa ijazah:

Abdullah Gymnastiar

Yan Gymnastiar atau yang lebih akrab dikenal dnegan Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym merupakan seorang pendakwah, penulis sekaligus penyanyi. Selain sebagai tokoh agama beliau juga pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhid yang bertempat di Jalan Gegerkalong Girang, Bandung. Aa Gym populer karena cara dakwahnya yang tergolong unik dengan gaya teatrikal namun tetap dengan konsep dakwah Islami yang praktis.

Kesuksesannya dalam berdakwah sangat diakui, bahkan ibu-ibu rumah tangga menilai beliau dengan melihat citranya sebagai sosok pemuka agama yang berbeda dengan ulama lainnya. Ketika para ulama berdakwah dengan cara kontoversional, Aa Gym lebih memilih untuk berdakwah dengan cara yang lain namun tetap bisa diserap karena menggunakan bahasa sehari-hari.

Siapa lagi orang-orang tersebut? Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.