Sukses

Petra Jurnalis, Kini Gugat Pengungsi yang Pernah Ditendangnya

Laszlo Petra, juru kamera dari televisi swasta di Hongaria yang pernah menendang pengungsi hingga terjatuh. (foto: Reuters)

Citizen6, Jakarta Laszlo Petra, juru kamera dari televisi swasta di Hongaria yang pernah menendang pengungsi hingga terjatuh sebulan lalu, kini mengajukan tuntutan balik kepada pengungsi tersebut. Hal itu dilakukan Petra, untuk membersihkan namanya.

Pasca penjegalan terhadap pengungsi dari kejaran polisi, Petra dikecam habis-habisan di dunia maya. Bahkan aksi Petra menyebabkan dirinya kehilangan pekerjaan. Dia dipecat dari N1TV tempat di mana dia bekerja sebelumnya. Seorang pengungsi Suriah yang diketahui bernama Osama Abdul Mohsen, waktu itu membenarkan bahwa Petra menjegalnya hingga ia dan anaknya terjungkal.

Namun, seperti dilansir dari stasiun televisi Rusia, Izvestia, Petra menyangkal. Pengungsi tersebut kata Petra, jatuh sebelumnya kakinya menyentuh pengungsi. "Salah seorang dari para pengungsi itu tidak mau mematuhi polisi. Ia mulai berlari menjauhi polisi. Saya hanya ingin membantu polisi. Dan ketika saya berjalan ke arahnya, dalam rekaman itu terlihat bahwa ia sudah jatuh terlebih dulu," kata Petra.

Tidak hanya berencana menuntut pengungsi tersebut, Petra juga berencana menuntut facebook karena dianggap telah memfasilitasi akun-akun palsu untuk menghujat dirinya. "Kami akan mengajukan gugatan terhadap Facebook, dan membuktikan bahwa pengungsi Osama bersalah. Dia mengubah kesaksiannya setelah ia awalnya menyalahkan polisi. Suami saya ingin membuktikan saya tidak bersalah. Baginya, sekarang adalah masalah kehormatan," kata Petra kepada Izvestia.

Kasus ini memang sempat menghebohkan publik. Hujatan deras dari netizen mengalir ke Petra, tak terkecuali dari pengguna media sosial Facebook di Indonesia. Seperti yang dilontarkan oleh akun Laila Nazela "Astaghfirullah...gk manusiawi banget,, yang nendang itu gk merasa manusia kah?? gk pernah kah membayangkan dirinya pada posisi yang ditendang?... mereka para pengungsi, bukan pengemis. mereka itu 'terpaksa' mengungsi. coba si jurnalis punya kondisi yang sama dengan si pengungsi itu gmn??? dasar...*jadi pingin ngumpat tuh orang, sambil getok 'bathuk' e pake kamera yg dia pegang....ish....*

Selain itu, ada juga dari akun Dinna Shelley Novianti "Itu kasian bgt yg di tendang nya mana bwa anak lgi.. Semoga selalu dlm lindungan allah..amin".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.