Sukses

Beredar Rokok Ganja dari Brand Rokok Ternama, Benarkah?

Pengguna social media digemparkan dengan kabar, mulai beredarnya rokok ganja di negara bagian di Amerika.

Citizen6, Jakarta Pengguna social media digemparkan dengan kabar, mulai beredarnya rokok ganja di negara bagian di Amerika. Bukan tidak mungkin jika kabar itu  benar adanya , rokok ganja akan sampai juga di Indonesia. Sebab brand penjual rokok ganja tersebut, termasuk brand rokok ternama yang produk rokoknya cukup laris di pasaran Indonesia.

Brand ternama itu adalah Malboro. Kini Malboro dikabarkan telah memasarkan produk dengan kemasan baru bernama Malboro M. Huruf M yang tertera mempunyai kepanjangan marijuana yang dalam bahasa Indonesia berarti ganja.

Kabar ini pertama kali masuk ke Indonesia dan ditulis oleh salah satu media nasional ternama. Sontak kabar yang masih diselimuti tanda tanya besar ini, mengejutkan publik. Banyak yang bertanya tentang kebenaran kabar tersebut.

Akan tetapi beberapa pengguna internet yang kritis, tidak percaya akan berita itu. Sebab Amerika sendiri tidak melegalkan perusahaan besar menyebarluaskan ganja. Selain itu, belum ada media-media besar di Amerika yang memberitakan soal beredarnya rokok ganja, karena memang tidak masuk akal.

Setelah ditelusuri, ternyata yang pertama kali menyebarkan berita tersebut adalah media online bernama abriluno,com. Dari situs tersebut berita beredarnya Malboro M diunggah pada 12 Januari 2014 dan 30 maret 2015. Rupanya sejumlah media nasional yang rupanya tidak cermat dalam memfilter informasi menganggapnya, kabar itu benar adanya.

Padahal jika dicermati lebih lanjut, media bernama abriluno adalah media yang berisi lelucon. Media ini memang mendeklarasikan diri sebagai media satir yang akan memplesetkan apa saja yang dianggap lucu. Sementara berita rokok ganja tersebut, dimaksudkan hanya sebagai berita untuk meramaikan hari April MOP. Budaya di barat yang menjadikan tanggal 1 April sebagi hari kejutan dan kebohongan. (War)*

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini