Sukses

Tempat-tempat dengan Nama Paling Suram di Dunia

"Somewhere to go, when you're feeling low"

Liputan6.com, Jakarta "Somewhere to go, when you're feeling low" (tempat yang dituju, saat dirimu merasa sedih). Sesuai dengan deskripsi bio di akun Instagram bernama Sad Topographies yang dikelola oleh seorang artis Instagram Damien Rudd, ia memperkenalkan tempat-tempat di dunia yang memiliki nama suram, seperti Disappointment Island (Pulau kekecewaan) yang berada di dekat New Zealand.

Kesedihan dan masa lalu yang kelam tak hanya melekat pada kenangan manusia atau sebuah peradaban. Tempat terjadinya sejarah itu pun tak bisa lepas dari masa lalunya. Negara yang hancur karena perang dan kekerasan, negara yang 'gulung tikar' karena tekanan kemiskinan. Kemudian sebuah nama 'menempel' pada tempat tersebut, nama yang sama kelamnya dengan masa lalu tempat itu.

Dilansir dari laman Amusingplanet.com, Daniel Rudd mengatakan, "Saya awalnya datang ke sebuah tempat di Australia... namanya Mount Hopeless (Gunung Keputusasaan). Tentu saja nama itu membuat saya terpaku dan membuat saya memutuskan untuk kembali lagi untuk menelitinya."

"Saya sebenarnya menemukan fakta mengejutkan, ternyata ada lebih banyak tempat dengan nama muram. Itulah awal mula saya memulai proyek ini," katanya.

Rudd menemukan fakta-fakta di balik tempat-tempat bernama suram yang dikumpulkannya. Tak jauh, nama-nama itu berkaitan dengan sejarah kelam dari awal penjajahan, kecelakaan penjajah atau penduduk setempat. Fakta lainnya adalah, keraguan penduduk setempat untuk mengubah nama suram pulau atau tempat mereka tinggal tersebut karena alasan sejarah, tentunya.

Beberapa nama suram dari tempat-tempat yang berhasil dihimpun oleh Rudd :

1. Disappointment Island (Pulau Kekecewaan)

Akun instagram Sad Topographies mengenalkan tempat-tempat bernama suram di dunia

Merupakan salah satu dari tujuh pulau tidak berpenghuni di Pulau Auckland, di dekat New Zealand, memiliki sejarah yang mengecewakan. Tahun 1866, sebuah kapal menabrak tebing di sebelah barat pantai pulau Auckland yang mengakibatkan kematian 68 penumpang, 15 orang yang selamat berusaha mencapai pulau. Mereka yang selamat menunggu selama 18 bulan untuk di selamatkan.

Tahun 1907, kapal lain tenggelam di tepi pulau. Mengakibatkan 12 orang meninggal, 16 orang selamat. Mereka juga mencari jalan untuk ke pulau, 7 bulan kemudian baru bisa diselamatkan.

Menunggu selama 18 bulan atau 7 bulan di antara hidup dan mati memang bukan sesuatu yang menyenangkan.

2. Slaughter Beach (Pantai Pembantaian)

Akun instagram Sad Topographies mengenalkan tempat-tempat bernama suram di dunia

Sebuah kota di Sussex County, Delaware, Amerika Serikat. Ada 3 versi asal muasal nama mengerikan tempat ini. Versi yang paling diperdebatkan adalah cerita ke-3 berasal dari cerita lokal, yaitu tentang pembantaian penduduk lokal oleh seorang pria bernama Brabant di abad ke-18. Dikisahkan, pria ini beralasan pembataian yang ia lakukan bertujuan untuk menghentikan sebuah pembantaian di masa depan.

3. Starvation Heights

Akun instagram Sad Topographies mengenalkan tempat-tempat bernama suram di dunia

Tempat ini diberi nama sebelum tahun 1883 oleh sebuah kelompok yang berada di Jackson County, Oregon. Tanah di tempat ini sangat buruk dan tidak subur, bercampur granit di mana hanya semak belukar yang bisa hidup. Hal inilah yang menjadikannya tempat dengan nama Starvation Heights, dengan tanah yang buruk dan tidak subur bagaimana penduduk setempat bercocok tanam untuk kebutuhan pangan mereka, bukan?

Cukup unik bukan, proyek yang dilakukan sang artis Instagram ini. Selain memberikan informasi dan wawasan baru terhadap follower-nya, ia pun mengenalkan kisah-kisah masa lalu dari tempat menyedihkan tersebut. Bagaimana dengan masa lalu Tanah Air kita? Pulau-pulau terasing yang tak dikenal publik pun memiliki sejarahnya sendiri. Mari cari tahu...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini