Sukses

6 Ikon Pop Paling Terkenal dari Masa ke Masa

Mereka menjadi ikon pop di masa masing-masing

Citizen6, Jakarta Seorang Ikon pop (populer) adalah bukan hanya menghasilkan karya terbaik nya tapi juga meningalkan pengaruh bagi masyarakat pada era-nya. Apa yang mereka lakukan, apa yang mereka pakai jadi sorotan dan refrensi bagi pecinta dunia hiburan. Seorang Ikon berkarakter khas. Dia tidak meniru tapi ditiru. Setiap era tentu punya ikonnya masing masing. Berikut ini 6 Artis yang menjadi Ikon pop di era-nya :

1. Rano Karno

Namanya mencuat di industri pop ketika membintangi film yang fenomenal di tahun 1979 ‘Gita Cinta Dari SMA’ yang menjadi film terlaris pada era itu. Semua remaja di era itu tergila-gila pada sosoknya yang ganteng & kalem. Kacamata hitam & kumis tebalnya yang iconik itu jadi hit di masanya. Penyanyi Iis Dahlia mengaku menjadi salah satu penggemarnya pada waktu itu. Rano Karno juga merambah dunia musik. Salah satu yang jadi all-time-hit nya adalah lagu ‘Bukalah Kaca Matamu’.

2. Ryan Hidayat

Dia sudah bermain film & iklan sejak usia 5 tahun. Namanya semakin mencuat ketika membintangi beberapa film laris di akhir tahun 80an hingga awal 90an seperti ‘Elegi Buat Nana’ yang dibintanginya bersama Ria Irawan, ‘Si Roy’ & serial film ‘Lupus’ yang dibintangi bersama Nike Ardilla. Wajah ganteng ‘Indo-Jerman’, rambut gondrong, & gaya cuek nya membuat dia jadi kriteria cowok idaman bagi para cewek era-90an. Dia juga jadi model video klip beberapa penyanyi top saat itu salah satunya jadi model video klip Nike Ardilla. Ryan Hidayat meninggal tahun 1997 di usia 27 tahun.

3. Nike Ardilla

Usianya baru 14 tahun ketika menghasilkan karya monumental-nya ‘Bintang Kehidupan’ yang hit di tahun 1990. Dia juga bermain di sejumlah film & sinetron populer seperti Lupus, Si Kabayan, Trauma Marissa, dll. Popularitasnya nya sebagai Penyanyi & Bintang film lahir secara bersamaan. Dia juga jadi role-model anak muda di era-nya (era 90an). Mulai dari fashion, gaya rambut & cara bernyanyi-nya banyak ditiru remaja pada waktu itu. Banyak epigon yang membajak nama 'ardilla' di belakang nama mereka tapi tak satupun dapat menggantikan nya. Nike Ardilla meninggal di usia 19 tahun dalam kecelakaan tragis tahun 1995.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Era 2000-an

4. Dian Sastro

Jebolan Gadis Sampul 1996 ini semakin terkenal sejak membintangi film AADC (Ada Apa Dengan Cinta), film yang fenomenal di 2002 silam. Berpasangan dengan aktor muda Nicholas Saputra membuat mereka jadi Idola baru remaja. Mereka jadi Ikon cewek cantik & cowok ganteng di era 2000an. Sebelum film AADC Dian sudah membintangi beberapa film diantaranya ‘Pasir Berbisik’ dan beberapa iklan. Dia juga jadi Ikon artis cerdas karena selain sukses di dunia karir dia juga sukses di pendidikan. Tahun 2014 lalu dia meraih gelar S2 dari Universitas Indonesia. Karir, pendidikan & rumah tangga nya sukses secara bersamaan

5. Nicholas Saputra

Berawal dari seorang Model kemudian diajak oleh seorang sutradara untuk membintangi film yang fenomenal pada masanya ‘Ada Apa Dengan Cinta’ (2002) membuat nama Nicholas Saputra tiba tiba menjadi populer. Tak perlu beberapa film untuk membuat namanya cepat meroket. Sejak perannya sebagai Rangga di film itu dia menjadi iconik dengan sosok cowok ‘cool’. Gaya rambut ikal nya banyak ditiru remaja tahun 2000an. Dia juga bermain di sejumlah film sukses lainnya seperti ‘Biola Tak Berdawai’, ‘Janji Joni’, ‘Soe Hok Gie’ dll.

6. Fatin Sidqia

Momentum yang tepat hadir di saat tak terduga. Mungkin itu yang terjadi pada Fatin Sidqia Lubis (Fatin). Ketika dia ‘ogah-agahan’ ikut audisi sebuah ajang pencarian bakat hanya dengan mengenakan baju SMA, sepatu kets & wajah polosnya membawakan lagu ‘Grenade’-nya Bruno Mars ternyata mencuri perhatian juri & masyarakat pada waktu itu. Seperti sudah diramalkan dia pun menjadi pemenang pertama di ajang itu. Lepas dari ajang pencarian bakat itu tak lantas membuat karirnya flop. Album-nya laris karena dia punya fans-base yang cukup besar. Gaya hijabnya banyak ditiru dan dia menjadi Icon penyanyi remaja ber-hijab di ajang pencarian bakat.

Penulis:

Muar Dian

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini