Sukses

Satu Pohon Bisa Hasilkan 40 Jenis Buah Berbeda, Begini Caranya

Anda juga bisa mencobanya di rumah.

Citizen6, Jakarta Seorang Profesor bernama Van Aken dari Departemen Seni Syracuse University, Amerika Serikat memperkenalkan cara pengembangbiakan tanaman yang terdengar mustahil.

Cara yang ditempuh Van Aken dikenal dengan teknik chip grafting. Dengan teknik ini, Van Aken bisa membuat sebuah pohon dengan 40 jenis buah yang berbeda.

Seperti dilansir dari NatGeo, proses grfting pada dasarnya hanya menggabungkan dua bagian tanaman yang masih hidup menjadi satu tanaman yang utuh. "Teknik ini sebenarnya telah ada selama ribuan tahun dan tampaknya pada hieroglif di Mesir," tutur Van Aken.

Teknik ini bisa juga disebut teknik okulasi. Dilakukan dengan cara memotong batang pohon dan memasukkannya ke batang pohon lain.

Van Aken berpendapat, siapapun bisa mencobanya. Hanya saja membutuhkan kesabaran yang ekstra. Sebab mengokulasi 40 buah menjadi satu sama halnya menggabungkan cabang dari berbagai varietas ke pohon induk. "Anda harus memlih tempat yang benar-benar tepat," pungkas Van Aken.

Bgaimana, apakah Anda tertarik mencoba? Bukan tidak mungkin Anda juga bisa melakukannya. Setidaknya Anda bisa meminimalkannya menjadi 10 buah. Selamat mencoba. (War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.