Sukses

Maksud Hati Cek E-KTP Apa Daya Ternyata Webnya Palsu

Pernahkah Anda menge-cek kevalidan data e-KTP Anda di internet? Jangan sekali-kali kunjungi website ini.

Citizen6 Jakarta Internet membuat orang bisa mengakses data kependudukan seseorang. Misalnya ketika kita mendapatkan sebuah nama dan memasukkannya di kolom pencarian data kependudukan maka kita akan mengetahui identitas orang tersebut. Dengan catatan, orang tersebut memang terdaftar di kartu tanda penduduk.

Di Indonesia juga ada situs resmi pencarian data penduduk dari Kemendagri. Situs pencarian online tersebut bisa diakses dengan cara memasukkan NIK di kolom pencarian. Maka setelah klik 'cek' akan muncul data diri dari NIK yang bersangkutan.

Akan tetapi, jangan sekali-kali berharap menemukan identitas Anda atau orang yang Anda cari jika Anda mengetik keyword di google "cek e-ktp online". Alih-alih menemukan data kependudukan akurat, di sana Anda akan dikerjai.

Keyword itu akan mengantar Anda pada situs http://ektp.cektkp.com/index.html. Pertama Anda memang akan diminta mengisi nama lengkap orang yang akan Anda cari, jenis kelamin, provinsi, dan kabupaten. Setelah Anda meng-klik tombol kirim, maka hasilnya akan muncul e-KTP dengan nama yang sesuai Anda ketik namun dengan foto seekor monyet, alamat, dan informasi-informasi palsu.

Berdasarkan penelusuran citizen6, situs tersebut memang hanya bertujuan untuk guyonan semata. Hal ini nampak pada keterangan di bagian bawah situs tersebut yang menuliskan, "Terimakasih Anda telah menggunakan aplikasi e-KTP online. Web ini hanya untuk lucu-lucuan aja. Jangan lupa beritahu teman-teman Anda juga ya :)"

Nama domain http://ektp.cektkp.com ini ternyata dimiliki oleh Fatkhul Mutakin yang beralamat di Medan, Sumatera Utara.

So, untuk Anda yang ingin memeriksa identitas kependudukan seseorang atau barangkali identitas Anda sendiri, jangan sekali-kali mengakses situs tersebut. Atau kalau memang terlanjur membuka, jangan terlalu diambil hati. Sekali lagi, situs itu hanya lelucon semata. (War)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) adalah kartu pengenal yang dikomputerisasi secara fisik dan penggunaannya.
    Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) adalah kartu pengenal yang dikomputerisasi secara fisik dan penggunaannya.

    E-KTP

Video Terkini