Sukses

DASH Diet, Cara Diet Terbaru yang Alami dan Sehat

Dari berbagai jenis diet yang berkembang Anda mungkin bingung memilih yang mana yang paling sesuai.

Citizen6, Jakarta Dari berbagai jenis diet yang berkembang di Indonesia dan bahkan di dunia Anda mungkin bingung memilih yang mana yang paling sesuai bagi Anda. Salah satu jenis cara diet alami dan sehat yang bisa Anda coba adalah diet DASH (Dietary Approaches Hypertesion) atau pola makan seimbang yang direkomendasikan untuk menormalkan tekanan darah tinggi.

Meskipun konsentrasinya pada awalnya bagi penderta hipertensi tetapi menjalankan program diet ini juga memberikan hasil yang menggembirakan pada berat badan kita. Yang paling penting adalah diet ini sangat aman karena telah direkomendasikan oleh The American Heart Association dan The National Heart Lung and Blood Institute.

Tentang DASH sebagai cara diet alami dan sehat Secara umum dapat dijelaskan bahwa program diet ini berkonsentrasi pada konsumsi sayuran segar, buah-buahan, produk susu rendah lemak, dan protein terutama yang dapat membantu kita mengendalikan nafsu akan sekaligus mereduksi lemak dalam tubuh. Banyak orang mencoba diet ini karena merupakan pola makan sehat sekaligus berkhasiat untuk mencapai berat badan ideal tanpa menderita atau tanpa terpaksa.

Berikut ini adalah langkah mudah untuk memulai diet DASH

1. Garam

Garam sangat dihindari dalam diet DASH ini karena berbagai efek buruknya seperti dapat menahan cairan dalam tubuh dan mengurangi tekanan pada jantung. Beberapa cara untuk memangkas konsumsi garam adalah:

- Memilih bumbu masakan tanpa sodium atau paling sedikit yang rendah garam. Hindari sama sekali makanan yang diawetkan baik dengan cara diasap, dikalengkan, apalagi diasinkan.

- Batasi makanan olahan atau buatan pabrik karena pada umumnya tinggi kadar sodium.

2. Beras utuh

Untuk mendapatkan serat, cara diet alami dan sehat DASH ini dengan cara mengonsumsi berasa utuh dari gandum utuh, nasi coklat atau merah, oatmeal, sereal, pasta gandum utuh, atau pretsel. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, pola makan ini juga akan menjaga Anda merasa kenyang lebih lama. Untuk setiap harinya, terapkan pola diet 2000 kalori dengan konsumsi 6 porsi makanan utama berupa beras utuh dengan ukuran tiap porsinya adalah 28 gram.

Selengkapnya

Penulis:

Ayudya Permatasari

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.