Sukses

Unik, Jalan Ini Mengeluarkan Melodi Ketika Ada yang Melintas

Shizuo Shinoda membuat sebuah inovasi dengan menciptakan "jalan melodi" di beberapa jalan di Jepang.

Citizen6, Jepang Ada yang unik dan tak biasa saat Anda melintasi jalan di Jepang ini. Seorang insinyur bernama Shizuo Shinoda membuat sebuah inovasi dengan menciptakan "jalan melodi" di beberapa jalan di Jepang.

Pada 2007 silam, sebuah tim insinyur dari Hokkaido Industrial Research Institute menyempurnakan ide yang dibuat oleh Shinoda. Sebuah jalan yang dikelilingi kebun dengan interval yang sangat spesifik ini dibuat di sepanjang permukaan jalan. Melodi yang keluar pun tergantung pada seberapa jauh alur dan mobil yang bergerak untuk menghasilkan serangkaian nada tinggi maupun rendah. Jadi, semakin dekat alur, semakin tinggi pula nada suara.

Amusingplanet.com

Dilansir Amusingplanet pada Rabu (18/11/2015), ada empat jalan melodi yang tersebar di Jepang, masing-masing di Hokkaido, Wakayama, Shizuoka dan Gunma. Uniknya, setiap jalan pasti menghasilkan nada yang berbeda.

Amusingplanet.com

Selain simbol-simbol jalan, jalan yang ditandai dengan catatan musik berwarna pada permukaan jalan juga berguna untuk memperingatkan pengguna jalan bahwa akan ada suara musik yang keluar ketika melintasi jalan tersebut.

Amusingplanet.com

Ternyata jalan musik di Jepang ini bukan yang pertama. Pada Oktober 1995, Gylling, pria asal Denmark dan dua seniman Denmark Steen Krarup Jensen dan Jakob Freud-Magnus, menciptakan Asphaltophone, yakni jalan bermelodi dengan teknik yang berbeda.

Bagaimana menurut Anda, jalan bermelodi ini sangat unik bukan?

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini