Sukses

Hebat, Mahasiswa Sumatera Temukan Pembangkit Listrik Tenaga Pohon

Penemu dan pengembang pembangkit listrik tenaga tanaman di Indonesia, Arung Buana Siregar (foto: facebook)

Citizen6 Jakarta Mahasiswa jurusan Teknologi Pertanian, Universitas Sumatera Utara (USU) menemukan pembangkit listrik tenaga tanaman. Temuan ini sebenarnya merupakan pengembangan teori dari kampus di Belanda.

Mahasiswa USU tersebut bernama Arung Buana. Menurutnya tanaman bisa menghasilkan energi yang mampu menyalakan lampu dan bahkan mengisi ulang baterai HP. Hasil penelitiannya pernah dilombakan untuk melawan China, Korean dan Vietnam. Hasilnya, Arung menyabet juara. Sebab pembangkit tenaga listrik sangat ramah lingkungan.

Caranya, kata Arung, energi itu didapat ketika tumbuhan melakukan proses fotosintesis. 70% hasil fotosintesis tidak digunakan oleh tumbuhan dan dibuang melalui akar. Sehingga pada setiap akar tanaman mengandung bakteri mikoriza atau mikroba tanah.

Mikroba bernama mikoriza inilah yang akan mengubah dan mengumpulkan hasil sisa fotosintesis tadi menjadi sebuah energi. "Kemudian anoda (muatan -) dimasukkan ke dalam tanah untuk menarik energi. Lalu katoda (muatan +) pun dimasukkan, agar terjadi gaya tarik menarik," kata Arung.

Kini, tantangan baru yang sedang dilakukan Arung adalah mencari pengganti mikroba bernama mikoriza. Arung membutuhkan bakteri yang lebih untuk mengikat energi dalam akar sehingga akan menghasilkan energi pembangkit listrik lebih besar. Bagaiamana, hebat kan mahasiswa Indonesa? (War) 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.