Sukses

5 Film Ini Dicekal di Indonesia tapi Mendunia

Siapa sangka, film-film yang dicekal di Indonesia karena beberapa alasan ini justru menuai pujian di dunia luar.

Citizen6, Jakarta Dunia perfilman Indonesia kini kian mengembangkan sayapnya, tidak hanya di Indonesia melainkan di luar negeri secara internasional. Karena itu, tak heran sekarang banyak sekali film-film Indonesia mengikuti festival-festival film internasional.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan aturan sensor yang begitu ketat, walaupun film tersebut sangat berkualitas. Namun jika tidak menguti aturan-aturan yang ada, film tersebut tidak bisa tayang di Indonesia karena berlabel tidak lulus sensor sehingga dicekal.

Namun tahukah Anda ternyata ada beberapa film Indonesia yang dilarang tayang di Indonesia tapi dapat tampil secara internasional? Berikut adalah 5 film Indonesia yang di cekal di Indonesia tapi tayang secara internasional:

1. Lady Terminator (1988)

Siapa yang menyangka bahwa film ini ternyata film Indonesia? Film ini sepintas lebih ke arah kiblat Barat. Akan tetapi ternyata jauh sebelum era The Raid, film ini terlebih dahulu tampil secara internasional, tapi sayangnya film ini dicekal di negara sendiri. FIlm ini tayang di beberapa negara seperti Amerika serikat, Thailand, Jepang, Prancis, dan Italia.

Akhirnya film ini tayang di Indonesia pada 1994, meski banyak adegan yang terpotong menghilangkan bagian yang tidak lulus sensor jadi film ini hanya tayang dengan durasi 80 menit.

2. Merdeka 17805/ Murudeka 17805 (2001)

FIlm ini menceritakan sejarah pada masa penjajahan Jepang di Indonesia. Film ini adalah gabungan dari perusahaan film asal Jepang (Toho) dan Indonesia (Rapi Films). Film ini dicekal di Indonesia karena ceritanya sangat bertentangan dengan sejarah Indonesia serta melukai perasaan bangsa Indonesia terhadap berbagai adegan-adegan yang ada sehingga dikhawatirkan akan merusak hubungan antara Indonesia dan Jepang. Walau dicekal di Indonesia, film ini ternyata cukup sukses di Jepang karena meraup hingga 550.000 yen kala itu. (*)

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini