Sukses

6 Lagu Fenomenal Era 90an yang Populer Sampai Sekarang

Era 90an adalah era keemasan musik di Indonesia. Puncak dari kreatifitas bermusik terjadi di era ini.

Citizen6, Jakarta Era 90an adalah era keemasan musik di Indonesia. Puncak dari kreatifitas bermusik terjadi di era ini. Segala macam genre musik mulai dari pop, rock, jazz, alternative, dangdut sampai slowrock ala Malaysia hadir memanjakan telinga pendengar dan semua mendapat tempat di hati pecinta musik.

Berikut ini 6 lagu yang fenomenal di era 90an. Gak ada yang gak tau lagu ini khususnya mereka generasi 90an.

01. Bintang Kehidupan (1990)

‘Bintang Kehidupan’ adalah hit dari album ke-2 Nike Ardilla yang booming di tahun 1990. Nike Ardilla baru berusia 14 tahun ketika merilis lagu ini. Menjadi album terlaris versi BASF Awards 1990. Nike menjuarai Asia Song Festival ’91 di China setelah membawakan lagu ini dalam versi bahasa inggris (The Star of Life). Diva senior Emilia Contessa juga pernah membawakan lagu ini di Festival Lagu Asean tahun 1991.

Begitu besar pengaruh lagu ini di era itu sehingga banyak penyanyi seangkatan Nike yang memesan lagu dengan genre sejenis dari Deddy Dores sebagai pencipta lagunya. Lagu ini sudah beberapa kali di-recycle oleh penyanyi lain seperti Endang S Taurina, Baron N Soulmate, Duo Maia, Endank Soekamti, dll. Video klipnya sudah dilihat sebanyak 6 juta kali di youtube.

02. Iini Rindu(1990)

Ditengah boomingnya lagu lagu bergenre rock/slowrock di awal tahun 90an, lagu ini seperti ingin tampil beda. Mengusung genre musik pop disco dengan sentuhan reggae dan rap yang dibawakan oleh duet Farid Hardja dan Lucky Resha sukses menjadi hit besar pada waktu itu .

Nama penyanyi Lucky Resha juga mencuat menjadi penyanyi kondang berkat sukses lagu ini. Lagu ini di tahun 90an sering dibawakan di panggung2 acara peringatan hari besar dengan koreo/gerakan tangan yang khas pada bagian refren lagunya. Beberapa kali diremake oleh penyanyi lain dan terakhir oleh grup Soiul-Id.

03. Yogyakarta (1991)

Lagu milik KLA Project ini terdapat di album ke-2 nya. Album yang menjadi masterpiece-nya. Pencapaian album ini luar biasa. Laris di penjualan dan sukses di beberapa penghargaan musik seperti BASF AWARDS. Semua lagu di album ini menjadi hit tapi yang fenomenal adalah tentu single pertama yang berjudul Yogyakarta.

Lagu cinta dengan visualisasi video klip yang menggambarkan kesahajaan kota Yogya dan masyarakatnya, begitu pas diinterpretasi oleh vokal Katon Bagaskara yang ber-kharisma. Ini menjadi salah satu lagu Indonesia yang memorable sampai saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuma Khayalan

04. Cuma Khayalan (1993)

Mungkin orang awam belum aware hanya dengan mendengar judulnya saja. Tapi kalo dikasih lirik dibagian reffrain nya ‘’andai aaaaaku jadi orang kaya..’’ Yup! Gak salah lagi ini salah satu lagu yang fenomenal di tahun 1993. Dipopulerkan oleh penyanyi Oppie Andaresta. Oppie Andaresta sebenarnya sudah merilis beberapa album & single sebelum merilis lagu ini.

Tapi dia yang waktu itu masih bernama Ovie Ariesta dengan image ladyrocker nya tak kunjung mencuat dan tidak menemukan hoki-nya di musik rock. Baru setelah merilis album yang digawangi oleh musis gank potlot ini dia menemukan jati diri bermusiknya. Lagu bertema ringan dengan lirik yang slenge'an & seenaknya ini menjadi hits besar dan mencuatkan nama Oppie Andaresta di blantika musik.

05. Denpasar Moon (1993)

Lagu ini dipopulerkan oleh Maribeth penyanyi asal Philppina. Lagu dengan beat semi dangdut seperti ini memang mudah diterima masyarakat Indonesia. Ditambah lagi dengan tema & aransemen musiknya yang bernuansa etnikal Bali. Saat merekam lagu ini di Phillipina, Maribeth tidak tahu kalau lagu ini akan di dirilis di Indonesia. Dia juga tidak tahu kalo Denpasar itu adalah nama salah satu kota di Indonesia.

Baru setelah album ini sukses mendapat platinum (150 ribu copy) Maribeth datang ke Indonesia dan sempat eksis di dunia hiburan. Booming nya lagu ini pada waktu itu membuat beberapa penyanyi menjadi latah ikut-ikutan merilis dengan versi lain seperti versi dangdut, keroncong, slowrock dan versi lagu anak-anak. Lagu ini mengangkat nama Maribeth menjadi penyanyi terkenal di Indonesia.

06. Gerimis Mengundang (1996)

Invasi musik rock melayu ala Malaysia ke Indonesia dari negeri jiran Malaysia dimulai sejak akhir tahun 80an. Sebut saja Search, Wings, Iklim, May, Exists, UKS, dll yang sempat menancapkan hits monumentalnya di blantikan musik Indonesia. Selain Isabella yang sukses besar di tahun 1989, lagu Gerimis mengundang yang dipopulerkan oleh SLAM menjadi lagu Malaysia yang paling booming di era 90an tepatnya di tahun 1996.

Menurut pencipta lagunya Saari Amri, lagu ‘Gerimis Mengundang’ sudah di-remake dalam 50 versi. Lagu ini sukses besar di Indonesia dan Malaysia bahkan sempat dibuatkan film drama musikal nya.

Penulis:

Muar Dian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini