Sukses

3 Novel Terbaik JK Rowling yang Perlu Dikoleksi

Siapa tak kenal Joanne Kathleen Rowling atau yang akrab disapa dengan nama pena JK. Rowling?

Citizen6, Jakarta Siapa tak kenal Joanne Kathleen Rowling atau yang akrab disapa dengan nama pena JK Rowling? Penulis novel asal negara yang dipimpin oleh Ratu Elisabeth II ini disebut-sebut melampaui popularitas dan kekayaan sang ratu. Kesuksesannya dalam menggarap novel berseri Harry Potter-lah yang membuat Rowling dicintai anak di seluruh negeri, bahkan di seluruh dunia.

Memulai karier sebagai sekretaris dengan memulai menulis cerita tentang kelinci, JK Rowling kini dikenal sebagai novelis terlaris sepanjang masa dan memenangi banyak penghargaan. Apa sajakah novel terbaik yang pernah ditulis JK Rowling? Yuk intip dan simak ulasan tentang karya seorang JK Rowling berikut ini.

1. Harry Potter Series

Siapa tidak kenal dan membaca ketujuh seri dari Harry Potter? Inilah buku best seller pertama karya Rowling yang dirilis pada 1997 dan terjual lebih dari 400 juta kopi untuk ketujuh serinya. Novel ini bercerita tentang seorang anak berusia 11 tahun yang menghadapi takdir bahwa ia merupakan seorang penyihir. Rambut acak – acakan dan bekas luka sambaran petir di dahi menjadikan Harry sosok yang fenomenal di sekolah sihir Hogwarts.

Perjalanan dan petualangan Harry, dibantu dengan dua sahabatnya Ron Weasley dan Hermione Granger dalam menghadapi Lord Voldemort dan pelahap maut disajikan dalam 7 seri, yaitu Harry Potter and the Philosopher’s Stone, Harry Potter and the Chamber of Secret, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, Harry Potter and the Goblet of Fire, Harry Potter and the Orde Phoenix, Harry Potter and the Half-Blood Prince, serta Harry Potter and the Deathly Hallows.

2. The Tales of Beedle the Bard

Sebelas tahun kemudian pada 2008, JK Rowling merilis buku pelengkap untuk seri ketujuh Harry Potter and the Deathly Hallows. Dalam seri ketujuh buku tersebut, diceritakan bahwa Hermione mewarisi buku Dumbledore yang berisi tentang kisah – kisah fiksi yang salah satunya menceritakan tentang Deathly Hollows, tiga benda keramat untuk menghadapi Horcrux milik Voldemort. Ketiga Hollow yang terdapat dalam buku The Tales of Beedle the Bard adalah tongkat sihir milik Dumbledore, jubah gaib milik Harry, dan batu didalam tongkat Gryffindor.

3. The Casual Vacancy

Lima tahun sejak kesuksesan seri penutup Harry Potter, JK Rowling kembali dengan novel yang sajiannya jauh dari dunia sihir dan ditujukan untuk pembaca dewasa. Novel ini ditulis JK Rowling dengan alur cerita yang terkesan lebih berat dan serius, bukan untuk anak-anak. Novel ini menceritakan kisah sebuah kota bernama Pagford yang mengalami kekosongan kekuasaan setelah Barry Fairweather meninggal dunia secara tiba – tiba.

Intrik politik, skandal, dan kesenjangan sosial yang terjadi di kota ini menimbulkan chaos dan perebutan kekuasaan untuk menggantikan posisi Fairweather dalam kota yang hiruk pikuk ini. Novel ini diangkat menjadi mini seri BBC dan didistribusikan oleh Warner Bros. (*)

Penulis:

Marshya Camillia Ariej

Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.