Sukses

Cara Mempertajam Panca Indra Manusia

Manusia diberi anugerah oleh Tuhan berupa indera dalam tubuh. Umumnya orang-orang memiliki 5 indra. Tapi ada juga yang memiliki 6 indra.

Citizen6 Jakarta Manusia diberi anugrah oleh Tuhan berupa indra dalam tubuh. Umumnya orang-orang memiliki 5 indra. Ada juga yang memiliki 6 indra. Kelima indra itu antara lain indra pendengar, penglihatan, pengecap, peraba, dan penciuman. Selama ini kita menganggap indra yang ada di tubuh kita sudah berfungsi dengan baik.

Tapi ternyata kita masih bisa mempertajam indra kita. Dimulai dari indra pendengar. Mudah untuk mengasah ketajaman indra pendengar kita, yakni dengan mendengarkan musik menggunakan earphone. Lalu dengarkan musik dengan detil, jangan hanya vokalnya saja. Dengarkan juga bassnya, alunan drum, atau instrumen musik yang lain.

1. Indra Pendengar

Mudah untuk mengasah ketajaman indra pendengar kita, yaitu dengan mendengarkan musik menggunakan earphone. Lalu dengarkan musik dengan detil, jangan hanya vokalnya saja. Tapi juga dengarkan bassnya, alunan drum, atau instrumen musik yang lain.

2. Indra Penglihatan

Mata adalah organ tubuh yang juga merupakan indra penglihatan kita. Agar indra penglihatan kita tajam, perhatikanlah benda-benda atau segala kejadian yang ada di sekitarmu dengan detail. Gerakan mulut, gerakan wajah, warna dalam lukisan yang sangat kecil dan hal-hal lain yang jarang diperhatikan orang lain. Dengan begitu, indra penglihatanmu akan terasah.

3. Indra Pengecap

Sering sekali kita memakan sesuatu, tapi kita tahu rasanya karena melihatnya terlebih dahulu. Misalnya, kita bisa tahu kalau lemon itu asam karena kita sudah melihatnya. Coba rasakan berbagai makanan dengan beragam rasa, cicipilah satu per satu sambil menutup mata. Itu akan melatih ketajaman indra pengecapmu.

Selengkapnya baca di sini

*Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini