Sukses

Asal Mula Mendoan, Camilan Enak dari Purwokerto

Kuliner yang paling terkenal adalah mendoan. Mendoan ini berasal dari kata “mendo” yang artinya setengah matang.

Citizen6, Purwokerto Mungkin kalian sudah tak asing lagi mendengar kata mendoan bukan? Mendoan, identik dengan kota Purwokerto.  Akhir-akhir ini mendoan menjadi perbincangan nasional karena salah seorang yang bernama Fudji Wong mendaftarkan hak ciptanya.

Purwokerto kota kecil  ini adalah ibukotanya Banyumas, Jawa Tengah. Untuk kalian yang belum pernah singgah di kota kecil, sederhana dan menyenangkan ini, saya akan mengenalkan kuliner-kuliner yang wajib dicoba saat berada di purwokerto.

Purwokerto sampai sekarang masih terebebas dari mall, tidak seperti kota-kota besar lainya. Sekali kalian berkunjung ke kota mendoan ini, kalian bakalan kangen dan pengin mengunjunginya lagi. Kok bisa?  Yap, jawabanya karena kuliner di purwokerto itu beda sama kota-kota lain, pemandangan dan sejuknya kota Purwokerto pun bakalan bikin kangen.

Kuliner yang paling terkenal adalah mendoan. Mendoan ini berasal dari kata “mendo” yang artinya setengah matang. Tempe mendoan ini berbeda dengan yang lain karena digorengnya tidak terlalu kering dan menggunakan daun bawang. Apalagi jika disajikan hangat-hangat dengan menggunakan sambal kecap. Hmmm dijamin kalian bakal ketagihan makan mendoan di purwokerto!

Selain mendoan, ada juga getuk goreng. Untuk kalian yang suka makanan yang manis-manis, getuk goreng ini bisa menjadi hidangan yang cocok untuk kalian karena rasanya yang sangat manis yang terbuat dari singkong dan gula jawa. Namun sekarang ini getuk goreng sudah memiliki beberapa varian rasa, seperti rasa coklat dan durian. Kalian dapat menemukan getuk goreng ini di pusat oleh-oleh di daerah sokaraja dan sawangan.

Beralih dari mendoan dan getuk goreng, ada juga soto khas purwokerto yang gak kalah endesnya. Kalau biasanya soto di kota-kota lainya itu segar dan bening, di purwokerto ini sotonya menggunakan bumbu kacang yang membuat rasa semakin gurih dan nendang. Soto ini sangat mudah kalian dapatkan di purwokerto, terutama di sokaraja dan jalan bank.

Soto purwokerto ini isinya ada ketupat, mie bihun, kecambah hijau, ayam, dan ditaburi daun bawang serta bawang goreng yang dapat menambah sedap serta disiram dengan kuah dan dilengkapi dengan sambel kacang serta kerupuk! Hmmm membayangkanya saja sudah enak apalagi langsung mencobanya di purwokerto.. dijamin ketagihan

Penulis:

Randyani Rarasati 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.