Sukses

5 Fakta Penting Terkait Anonymous yang Menarik Diketahui

Pernahkah Anda menonton sebuah film berjudul V for Vendetta, di mana tokoh utamanya, V, mengenakan topeng yang kini dipakai anggota kelompok

Citizen6 Jakarta Pernahkah Anda menonton sebuah film berjudul V for Vendetta, di mana tokoh utamanya, V, mengenakan topeng yang kini dipakai anggota kelompok anonymous? Jika ya, maka Anda akan dengan mudah mengenalinya. Topeng Guy Fawkes, begitu orang mengenal nama topeng yang dikenakan V, begitu terkenal hingga kini dipakai kelompok hacktivist yang menamai diri mereka sebagai “Anonymous”. Topeng tersebut menjadi sebuah simbol resistensi sekelompok orang atas tirani yang dijalankan kelompok berkuasa.

Nah, kelompok Anonymous dibentuk sejak tahun 2003. Tidak ada keanggotaan yang mengikat, sebab siapa saja bisa menjadi bagian dari kelompok tersebut. Tidak ada struktur, tidak ada organisasi. Ini adalah sebuah jejaring yang mengumpulkan para hacker dan aktivis dunia maya dalam sebuah wadah pergerakan internasional. Sejak pertama kali muncul pada tahun 2003, Anonymous telah berulang kali melakukan serangan DDoS kepada beberapa situs pemerintahan, korporasi besar, dan juga organisasi tertentu.

Dengan sepak terjangnya yang begitu ganas, kelompok Anonymous memperoleh pengakuan tersendiri di kalangan aktivis internasional. Terakhir mereka mengancam akan melumpuhkan kemampuan cyber anggota ISIS yang menyerang kota Paris beberapa minggu lalu. Berikut beberapa fakta terkenal seputar gerakan Anonymous.

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.