Sukses

5 Jenis Ikan Tropis Termahal, Harganya Sampai Miliaran

Negara-negara tropis mempunyai kekayaan alam laut yang kaya.

Citizen6, Jakarta Negara-negara tropis mempunyai kekayaan alam laut yang kaya. Salah satu yang populer adalah beragamnya jenis-jenis ikan. Karena keindahan dan sulitnya , ikan-ikan tersebut dihargai sangat mahal.

Penasaran ikan apa saja dan seberapa mahal, berikut 5 jenis ikan yang harganya paling mahal di dunia.

5. Golden Basslet, Rp 104 juta

Ikan ini termasuk dari keluarga ikan kerapu yang banyak ditemukan di lautan pasifik dan atlantik. Ikan ini mempunyai daya tahan yang baik, sehingga ikan Golden Basslet bisa beradaptasi dengan habitat baru, misalnya di kolam penangkaran.

Harga ikan ini sangat mahal, karena ikan tersebut hidup di laut dalam sehingga untuk menangkapnya harus perlu usaha yang lebih berat. Selain itu ikan yang berbadan ramping ini juga sangat pemalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Golden Basslet

4. Bladefin Basslet, Rp 130 juta

Ikan lucu yang tampangnya mirip nemo dalam sebuah film ini harganya bisa mencapai 10 ribu US$ atau sekitar Rp 130 juta. Nama ikan ini diambil dari bentuk sirip punggungnyanya yang mirip pisau.

Kebanyakan ikan ini ditemukan di lautan Karibia ini mempunyai warna oranye yang mencolok dengan paduan warna putih di bagian depan. Ikan yang hanya berukuran 1,5 inchi adalah ikan karang yang kini semakin langka.

3 dari 5 halaman

Bladefin Basslet

3. Peppermint Angelfish, Rp 390 juta

Di kalangan para pecinta ikan hias, harga ikan ini ditawarkan seharga Rp 390 juta untuk ikan yang sangat eksotis ini. Selain keelokannya, ikan ini sangat langka. Pada tahun 2012 para pecinta ikan hanya bisa melihat ikan ini hanya seekor saja yakni di Aquarium Waikiki. Ikan ini ditangkap oleh ekspedisi penelitian Smithsonian Institute.

Sejak itu, ikan yang mempunyai warna oranye yang mencolok ini sangat diminati para kolektor. Mereka seolah berlomba-lomba untuk menambahkan sesuatu yang langka dan eksotis untuk aquarium mereka.

4 dari 5 halaman

Freshwater Polka Dot Stingray

2. Freshwater Polka Dot Stingray, Rp 1,3 M

Ikan berwana hitam dengan totol-totol putih ini adalah jenis ikan pari yang telah mengalami mutasi genetik. Berbeda dengan ikan-ikan normal lain, bentuk kepala ikan ini tak berbentuk bulat. Sehingga ia mengalami kesulitan untuk menelan makanan. Sehingga ikan ini tidak bisa hidup di laut bebas karena untuk kelangsungan hidupnya ia memerlukan bantuan manusia .

Ikan yang baru-baru ini dipamerkan di Taiwan ini dibandrol dengan harga Rp 1,3 M

5 dari 5 halaman

Arwana Putih

1. Arwana Putih, Rp 5,2 M

Ikan paling mahal ternyata adalah Arwana Putih. Ikan ini di pasaran dihargai sekitar Rp 5,2  M. Warna putih pada ikan ini adalah hasil mutasi genetik yang sangat langka. Jenis lain dari ikan ini adalah Arwana merah, hijau, kuning perak dan hitam.

Ikan-ikan tersebut banyak ditemukan di Amerika Selatan, Asia Tenggara dan Afrika. Makanan ikan tersebut adalah jangkrik dan cacing. Ikan-ikan tersebut bisa tumbuh mencapai 35 inci dan mampu bertahan hidup selama lebih dari 50 tahun.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini