Sukses

7 Negara Baru yang Diperkirakan Muncul di Masa Depan

Zaman dahulu, banyak negara atau kerajaan yang muncul hingga akhirnya tenggelam. Di dalam negeri ini, kita mengenal Majapahit, dan Sriwijaya

Liputan6.com, Jakarta Zaman dahulu, banyak negara atau kerajaan yang muncul hingga akhirnya tenggelam. Di dalam negeri ini, kita mengenal Majapahit, dan Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara yang hebat. Semuanya hancur karena adanya perang di masa lalu yang tak bisa dihindarkan lagi.

Kali ini giliran negara-negara baru yang bermunculan dan mulai menyatakan diri sebagai wilayah yang berdaulat. Meski kebanyakan dari mereka belum resmi namun bisa diprediksi di masa depan akan muncul banyak negara baru.

Berikut adalah 7 wilayah yang memiliki kemungkinan besar akan muncul menjadi sebuah negara dalam beberapa tahun ke depan.

1. Bougainville

Bouganville adalah wilayah konflik yang terletak di Papua Nugini. Sejak tahun 1988-1998 telah terjadi perang sipil hingga menyebabkan 20.000 orang tewas. Akhirnya Papua Nugini melakukan perbaikan wilayah di Bougainville dan membiarkan mereka melakukan pemerintahannya sendiri meski dalam pengawasan yang ketat.

Orang di Bouganviller memutuskan untuk membuat sistem pemerintahannya sendiri yang resmi. Diperkirakan sekitar lima tahun ke depan masyarakat di Bougainville akan melakukan referendum untuk bisa bebas dan menjadi negara sendiri terlepas dari Papua Nugini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Khalistan

Khalistan adalah calon negara yang dikumandangkan oleh penganut Sikh di India. Sekitar tahun 1947 kelompok agama minoritas ini mencoba untuk mengumandangkan negara independen. Namun Pemerintah India tidak mau memberikan kesempatan hingga akhirnya sering terjadi perang antara dua belah pihak.

Lambat laun orang yang menginginkan Kalistan menjadi bisu mengenai isu negara. Mereka melakukannya karena alasan keamanan. Namun sekitar 10 November 2015 seorang pimpinan Sikh mempublikasikan sebuah resolusi baru dalam agama Sikh. Dan ide untuk menjadi negara baru belumlah hilang.

3 dari 3 halaman

3. United States of Europe

Saat ini Eropa telah bersatu menjadi Uni Eropa dengan mata uang dan beberapa kebijakan yang sama. Meski demikian mereka tetap sekelompok negara berbeda dengan pemerintahan yang beraneka ragam. Keadaan Eropa yang sudah mulai sama satu sama lain membuat beberapa orang melemparkan ide untuk menyatukan semua negaranya.

Nantinya jika memang terjadi, Eropa akan menjadi satu negara. Tidak ada lagi negara Prancis Swiss, hingga Spanyol. Semuanya menjadi satu wilayah dalam bendera United States of Europe. Ide ini nampaknya akan sulit, namun bukan tidak mungkin akan terjadi di Eropa berpuluh tahun lagi.

selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini