Sukses

Tiga Film Terbaik Oscar dengan Tema AIDS

Tiga Film Terbaik Oscars dengan Tema AIDS

Citizen6, Jakarta Tepat tanggal 1 Desember, masyarakat dunia memperingati Hari AIDS sedunia. AIDS telah menjadi salah satu pembunuh dengan angka korban yang cukup tinggi. Sesuai dengan penghitungan statistik pada Maret 2015, 15 juta jiwa di seluruh dunia hidup dengan HIV dan sedang berada dalam perawatan.

Dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia, mari kita lihat film film terbaik Hollywood yang membawa tema AIDS dan para penderitanya. Dan ini adalah 3 film tentang AIDS yang memenangkan atau mendapat nominasi Oscar.

Dallas Buyers Club (2013)

Film yang tayang pada tahun 2013 ini merupakan film drama yang berbentuk biografi. Film ini menceritakan kisah seorang Ron Woodrof yang diperankan oleh Matthew McConaughey, seorang pasien penderita AIDS saat penyakit itu masih belum dikenali secara baik di dunia kedokteran.

Sebagai bagian dari perawatannya yang masih merupakan eksperimen, Ron memutuskan untuk menyelundupkan obat-obatan ke daerah Texas untuk mengatasi gejala-gejala penyakitnya. Selain itu, ia berniat untuk mendistribusikan obat-obatan itu kepada para penderita AIDS dengan mendirikan Dallas Buyers Club.

Film ini juga dibintangi Jennifer Garner sebagai Dr. Eve Saks, dokter yang bertanggung jawab dalam perawatan Ron yang nantinya jatuh cinta pada Ron sendiri. Selain itu, kehadiran Jared Leto juga meramaikan suasana dengan memerankan peran seorang laki laki transgender bernama Rayon yang menjadi teman Ron. Film ini mempunyai rating 8/10 dari IMDB. Film ini menghasilkan dua penghargaan Aktor terbaik untuk kedua peran utama dan pendukung bagi Matthew McConaughey dan Jared Leto pada saat Academy Awards ke 86.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Precious

Precious (2009)

Diadaptasi dari novel Push karya Sapphire, film ini mengundang banyak perhatian dari kalangan masyarakat pada tahun itu. Precious, diperankan oleh Gabourey Sidibe adalah seorang anak perempuan yang sering ditindas dan dianggap tidak pantas untuk dicintai. Ia juga didiagnosa terjangkit HIV tepat setelah ayahnya, yang sering mempraktekkan KDRT terhadap Precious, meninggal disebabkan HIV juga.

Film ini menceritakan perjuangan Precious dalam keteguhan dirinya dalam menghadapi hidup dan percaya bahwa selama ada kehidupan pasti ada harapan. Film ini mendapat nominasi sebagai Film terbaik (Best Picture) aktris pemeran utama terbaik untuk Gabourey Sidibe dan memenangkan kategori aktris terbaik untuk pemeran pendukung untuk Mo’Nique yang memerankan ibu Precious yang baik hati dan suportif.

3 dari 3 halaman

Philadelphia

Philadelphia (1993)

Dalam film ini, Tom Hanks memerankan Andrew Beckett, seorang pengacara homoseksual yang dipecat karena menderita AIDS. Setelah menderita karena dipecat, Andrew akhirnya menuntut firma-nya dengan bantuan pengacara Joe Miller yang diperankan Denzel Washington.

Dalam film yang penuh petualangan dramatis ini, Joe memandang Andrew sebagai pria yang tiada bedanya dengan orang-orang lainnya yang penuh semangat hidup dan perjuangan untuk memperjuangkan hak hidupnya. Film ini akan membawa kita kepada dunia realita yang penuh intrik dan persaingan yang didasari oleh ras, etnis dan orientasi seksual. Hanks menghasilkan piala Oscar nya sendiri dari film ini untuk kategori aktor pemeran utama terbaik.

Pada akhirnya, film-film ini akan meningkatkan kewaspadaan kita terhadap AIDS dan menjauhi penyebab-penyebabnya. Selain itu, dengan film-film ini akan menambah wawasan kita bahwa yang patut kita jauhi itu adalah penyakitnya, bukan para penderitanya. Justru dengan peringatan hari AIDS ini kita harus memberikan support kita kepada para penderita AIDS untuk tidak menyerah pada kehidupan dalam situasi apapun.

(ul)

Pengirim:

Dany Dwi Saputra

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini