Sukses

Pria Tampan Ini Konsumsi 5.000 Jenis Serangga

Citizen6, Jakarta Makan serangga mungkin tampak menjijikkan bagi kebanyakan orang. Padahal sesungguhnya orang-orang zaman dulu telah melakukannya sejak lama. Orang-orang Yunani dan Romawi terkenal akan kegemaran mengonsumsi serangga. Bahkan di beberapa kebudayaan di Asia, Afrika, dan Amerika terdapat bukti kalau serangga biasa dikonsumsi.

Diperkirakan, setengah dari populasi di dunia ini merupakan seorang Entomophagist alias orang yang mengonsumsi serangga. David Gracer misalnya. Pria berusia 47 tahun dari Rhode Island ini mengaku menjadi seorang Entomophagist sejak 2001. Jika Anda menengok ke dalam kulkasnya, terdapat lebih dari 12.000 serangga dari 20 spesies berbeda. David mengaku selama 11 tahun telah memakan lebih dari 5.000 jenis serangga dengan cara ditumis, dipanggang, atau dibakar.

Kegemarannya memakan serangga bermula pada 2001 saat seorang teman memberinya hadiah sekotak larva sebagai hadiah ulang tahun. Waktu itu, David mengaku tidak terlalu menyukai rasanya. Namun ia mulai berpikir alasan banyak orang di dunia yang mengonsumsi serangga. Dia mulai banyak membaca soal Entomophagist dan mencoba berbagai macam serangga di dunia.

"Makan serangga itu baik. Serangga nyatanya lebih bergizi dari daging sapi, mengandung lebih sedikit lemak, dan memiliki dampak yang rendah pada lingkungan," terang David seperti dikutip dari Discovery Magazine, Selasa (8/12/2015).

-

Kini David telah menjadi salah satu Entomophagist terkenal. David sering diundang ke beberapa acara TV untuk menceritakan pengalamannya memakan serangga.

Menurut David, ketakutan orang-orang memakan serangga adalah sesuatu yang tak wajar. Mereka tidak sadar kalau kepiting, udang, dan lobster, juga termasuk keluarga serangga. Hanya saja mereka tinggal di laut.

"Bagi kebanyakan orang, takut serangga adalah sesuatu yang tidak rasional. Itu karena mereka tidak diperkenalkan dengan serangga sejak dini," tutup David. (Sul)*

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6