Sukses

Ingin Beruntung, Lumuri Anak dengan Kotoran Sapi

Ritual unik ini telah dilakukan selama bertahun-tahun

Citizen6, Jakarta Tradisi yang tidak biasa terjadi di sebuah desa kecil di India selama berabad-abad. Penduduk setempat percaya, kotoran sapi memiliki manfaat yang tak terbantahkan. Masyarakat yang tinggal di desa kecil tersebut melumuri anak-anak mereka dengan kotoran sapi dalam upaya membawa keberuntungan.

Tradisi aneh tersebut terjadi di desa Betul, Madhya Pradesh, India. Orang tua penduduk setempat percaya, anak-anak mereka yang dilumuri kotoran sapi akan membawa keberuntungan. Dan mereka juga percaya, 'kemurnian' dari kotoran sapi akan membawa keberuntungan pada anak-anak mereka.

Seperti dikutip dari Mirror, Rabu (09/12/2015), praktek tak lazim ini biasa dilakukan setelah festival Diwali. Selama berminggu-minggu, orang di desa akan mengumpulkan kotoran sapi di satu tempat dan menyimpannya dalam tumpukan besar. Di pagi hari, setelah memanjaatkan doa pada dewa, masyarakat mulau mencelupkan dan melumuri anak-anak mereka yang berumur satu tahun di kolam kotoran sapi.

mirror 

Puluhan warga desa berkumpul di sekitar tumpukan, menunggu giliran mereka untuk menempatkan anak-anak mereka dalam kotoran sapi. Hal tersebut berlangsung dari pagi hingga sore sampai semua anak di desa selesai dilumuri.

Ritual unik tersebut telah berlangsung selama berabad-abad dan penduduk setempat percaya, anak-anak mereka mendapat keuntungan dari kotoran sapi. Sapi memang dianggap sebagai salah satu hewan suci dalam agama Hindu. Banyak pemuka agama Hindu yang percaya bawa urin serta kotoran sapi memiliki sifat menyembuhkan. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini