Sukses

3 Soal Ujian Sekolah yang Buat Kita Geleng-geleng Kepala

Momen ujian sekolah memang banyak tak disukai para pelajar, bahkan banyak dari mereka merasa takut karena tak berhasil menjawab soal.

Citizen6, Jakarta Momen ujian sekolah memang banyak tak disukai para pelajar, bahkan banyak dari mereka merasa takut karena tak berhasil menjawab soal yang diberikan. Jangankan bagi yang belum belajar. Bahkan, yang sudah belajar pun terkadang masih tak percaya diri dengan kemampuannya.

Pertanyaan yang sulit pasti akan membuat perut kita mual dan pusing, bahkan saking tegangnya ada yang akan menangis karena tak dapat mengatasinya. Namun tak hanya soal yang sulit, ternyata soal aneh dan menguji para siswa juga membuat bingung loh.  

Berikut beberapa soal ujian yang membuat kita geleng-geleng kepala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Soal Ujian Cerdas

Soal Ujian Cerdas

Seorang guru asal Aceh baru-baru ini menjadi perbincangan dan banyak dielu-elukan publik, khususnya para pengguna jejaring sosial karena soal ujian yang dibuatnya sangat cerdas.

Fatma Susanti, S.Pd, seorang guru di sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Aceh ini memberikan empat soal essai dalam ujian semester yang berlangsung pada Senin, 7 Desember 2015. Tak disangka, ternyata ia membuat soal yang menguji kemampuan analisis, sintesis dan evaluasi para siswanya.

Berikut salah satu soal yang dibuat Bu Fatma.

Berikan analisa Anda, mengapa apatisme dan rendahnya partisipasi politik masyarakat baik secara kualitas dan kuantitas dapat berdampak buruk bagi keberlangsungan demokrasi di Indonesia!.

3 dari 4 halaman

Soal Ujian Sulit

Soal Ujian Sulit

Publik, khususnya para onliner pada April 2012 lalu dihebohkan dengan beredarnya soal matematika di Singapura yang dianggap sangat sulit dikerjakan.

Soal tersebut pertama kali di unggah oleh Kenneth Kong, seorang presenter Singapore TVm di akun Facebooknya. Dalam ciapannya ia mengatakan, “This question causes a debate with my wife .... and its a P5 question.” I’m assuming that means primary Year 5."

Singapura memang dikenal sebagai negara dengan rangking tertinggi pada Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), baru berturut-turut Korea Jepang, Hongkong dan Belanda.

Berikut soal pelajaran matematika nomor 24.

Albert and Bernard just become friends with Cheryl, and they want to know when her birthday is. Cheryl gives them a list of 10 possible dates May 15, June 17, July 14, August 14 May 16, June 18, July 16, August 15 May 19, august 17 Cheryl then tells Albert and Bernard separatelt the month and day of her birthday respectively

Albert: I don’t know when cheryl’sbirthday is, but I know that Bernard does not know too. Bernard: At first I don’t know when Cheryl’s birthday is but I know now Albert: then I also know when Cheryl’s birthday is.

So when is Cheryl’s birthday?

4 dari 4 halaman

Soal Ujian Aneh

Soal Ujian Aneh

Akun Twitter milik gerakan peduli pendidikan anak dipedalaman dengan nama @1000_guru pada Maret 2015 lalu mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan soal ujian siswa Sekolah Dasar (SD) yang di dalamnya terdapat pertanyaan seputar sinetron Ganteng-ganteng Serigala (GGS).

 

 

Dalam soal pelajaran kesenian nomor 44 tersebut mempertanyakan siapa peran utama dalam sinetron GGS. Namun, tak hanya soal nomor 44 yang membuat heboh publik, nyatanya pada soal selanjutnya juga terlihat adanya keanehan. Nampak soal nomor 45 mempertanyakan sebuah not lagu daerah Sumatera Barat, namun dalam jawaban pilihan ganda pada point "D" tertulis judul lagu dangdut "Sakitnya tuh di sini" yang dipopulerkan oleh Cita Citata.

Nah, bagaimana menurut Anda?

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini