Sukses

7 Nasehat Bijak Einstein Untuk Hidup Sukses

siapa sangka, di balik kejeniusan dan sikapnya yang nyeleneh, ternyata Einstein juga cocok bila berkarir sebagai motivator

Citizen6, Jakarta Albert Einstein telah lama dikenal sebagai sosok ilmuwan jenius yang berjasa atas berbagai penemuan. Selain jenius, ilmuwan ini juga dikenal nyeleneh. Namun siapa sangka, di balik kejeniusan dan sikapnya yang nyeleneh, ternyata Einstein juga cocok bila berkarir sebagai motivator di zaman sekarang. Tidak percaya? Simak saja nasehat bijak Einstein tentang hidup sukses berikut ini.

1. "Saya bukannya pintar. Boleh dikatakan hanya bertahan lebih lama menghadapi masalah."

Lewat penyataannya tersebut, Einstein ingin mengajarkan kepada kita untuk tekun dalam bekerja. Ya, kesuksesan memang tak akan datang secara instan. Hanya orang-orang yang tekun dengan apa yang ia kerjakan akan memperoleh kesuksesan dari apa yang ia kerjakan.

2. "Seorang pria yang bisa menyetir dengan aman sementara mencium gadis cantik, sebenarnya tidak memberi penghargaan yang layak untuk ciumannya itu."

Lewat pernyataan tersebut, bukan berarti Einstein ingin menceritakan soal seorang pria yang tengah mencium gadis cantik sambil menyetir. Sebenarnya yang ingin lebih disorot Einstein yakni fokus dalam bekerja.

Saat mengemudi, kita tentu harus fokus dengan jalanan. Dengan mengalihkan perhatian pada orang di sebelah, berarti kita tak menghargai nyawa kita sendiri. Seperti itu pula kesuksesan. Kalau kamu tidak fokus terhadap satu hal, kamu tidak akan memperoleh hasil yang maksimal terhadap apa yang tengah dikerjakan. Jelasnya, seseorang bisa melakukan banyak hal, tapi tidak semua hal sekaligus.

3. "Imajinasi adalah segalanya. Imajinasi adalah penarik masa depan. Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan."

Bukan tanpa sebab Einstein mengeluarkan ungkapan tersebut. Banyak dari teori yang ia cetuskan, bermula dari imajinasi. Hidup tanpa imajinasi seperti mengikuti aliran sungai: pasrah mengikuti apapun dan ke manapun arahnya.

Dalam hidup, imajinasi dapat menjadi gambaran akan kesuksesan yang ingin kita capai. Imajinasi bak stimulus untuk memicu kita bekerja keras menggapai hal tersebut. Tanpa imajinasi, hidup akan terasa hambar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Masa Depan

4. "Saya tak pernah memikirkan masa depan. Itu akan datang sesaat lagi."

Belajar dari masa lalu adalah sesuatu yang positif. Namun terus menerus memikirkan masa lalu dan takut akan masa depan adalah suatu kebodohan. Bagaimanapun, kita tak bisa menebak apa yang akan terjadi di masa depan.

Ketakutan saat akan bertindak, membuka bisnis, mencoba hal-hal baru, enyahkan semuanya. Kamu tak akan berkembang selama ketakutan-ketakutan tersebut terus membayangi. Hiduplah untuk saat ini.

5. "Saya bukan memiliki bakat khusus. Hanya selalu menikmati rasa ingin tahu saja."

Rasa ingin tahu yang besar akan memancing seseorang untuk melakukan sesuatu. Seperti Einstein, ia tak akan memecahkan banyak penemuan bila tidak memiliki rasa ingin tahu.

Rasa ingin tahu amat penting dimiliki oleh seseorang yang ingin sukses. Ibaratnya, rasa ingin tahu adalah pemicu seseorang untuk berkembang. Banyak-banyaklah membaca dan berdiskusi dengan orang hebat. Mengejar jawaban rasa ingin tahu adalah salah satu rahasia kunci kesuksesan.

6. "Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tidak pernah mencoba sesuatu yang baru."

Jangan pernah takut gagal dan salah. Berapa banyak penemuan yang tercipta setelah sekian ribu kegagalan? Tanpa melakukan kesalahan, kita tak akan pernah belajar dari sesuatu hal. Saat kamu belajar dari kesalahanmu, saat itulah kamu berkembang ke arah yang lebih baik.

7. "Berusahalah dengan keras bukan untuk menjadi sukses, tapi untuk menjadi lebih berharga."

Definisi sukses tiap orang tentu berharga. Tak jarang, seseorang yang telah menetapkan definisi suksesnya, merasa kecewa saat ia tak mencapai fase tersebut. Padahal, jika ia belajar, sesungguhnya banyak hal yang ia dapatkan selama proses menuju kesuksesan tersebut.

Sejatinya, sukses akan datang menghampiri seseorang yang memang pantas menerimanya. Kenali kemampuan diri kamu. Bekerjalah untuk menjadi pribadi yang bernilai dan berharga. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.