Sukses

Berikut Orang-orang Indonesia yang Memiliki Pesawat Pribadi

Berikut orang-orang Indonesia yang mempunyai pesawat pribadi.

Citizen6 Jakarta Mempunyai pesawat bukan hal yang mudah. Kamu tidak cukup jika hanya dengan punya banyak uang. Pasalnya sejumlah regulasi dalam hal memiliki pesawat juga sangat rumit. Akan tetapi, demi kepuasan tertentu seseorang tetap membelinya. Ketimbang harus menggunakan maskapai layanan umum.

Berikut orang-orang Indonesia yang mempunyai pesawat pribadi.

Jusuf Kalla

Orang Indonesia yang diketahui memiliki pesawat pribadi adalah Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla. JK memiliki pesawat pribadi jenis jet BAe 146 - 200. Pesawat ini telah dimodifikasi dengan kapasitas  64 orang. Dalam bagian pesawat terdapat dapur, toilet, pintu masuk kokpit, dan dua kursi lipat untuk pramugari. Pesawat buatan British Aerospace pada tahun 1996 itu harganya bisa mencapai 11 tuta dolar AS. Pesawat tersebut dibeli menjelang pemilihan presiden 2009 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Surya Paloh

Surya Paloh memiliki 2 buah pesawat Pribadi. Pesawat pertama yang dia memiliki berjenis British Aerospace BAe 146 buatan Inggris yang mempunyai kapasitas 120 orang. Namun, sudah dimodifikasi menjadi beberapa ruang seperti ruang tidur, ruang makan, dan ruang santai. Sehingga, pesawat hanya muat untuk 18 orang. Pesawat tersebut dibeli Surya Paloh pada tahun 2003 lalu. pesawat lain yang dimilikinya adalah berjenis Jet embraer 190 yang berkapasitas 16 orang.

3 dari 6 halaman

Chairul Tanjung

Chairul Tanjung dikabarkan memiliki dua pesawat jet. Salah satunya Gulfstream G550 buatan General Dynamics seharga US$ 36 juta atau sekitar Rp414 miliar. Pesawat tersebut berkapasitas hingga 19 penumpang dan memiliki mesin ganda dari pabrikan Rolls-Royce asal Inggris. Pada tahun 2015 majalah Forbes menempatkan Chairul Tanjung sebagai orang terkaya kedua di Indonesia dengan kekayaan 4.4 Milyar Dollar.

4 dari 6 halaman

Prabowo Subianto

Prabowo memiliki satu pesawat dan satu helikopter. Pesawat yang dimiliki Prabowo berjenis Embraer Legacy 600. Pesawat jet mungil ini sengaja didesain untuk pebisnis. Panjang pesawat ini cuma 26,33 meter dan lebar sayap 21,17 meter, serta tinggi 6,76 meter.

5 dari 6 halaman

Abu Rizal Bakrie

Menurut informasi yang dirangkum, Aburizal Bakrie setidaknya memiliki 3 atau 4 jenis pesawat jet pribadi untuk menunjang mobilitasnya yang tinggi. Dua di antaranya adalah Embraer Legacy 600 (kapasitas 13 orang). Pesawat buatan Brasil itu dibanderol sekitar US$ 27,5 juta atau Rp 275 miliar, pesawat lainnya yang dimiliki Ical adalah Boeing Business Jet 737-700 (kapasitas 25-50 orang), kedua pesawat ini juga sering disewakan ke pihak lain.

6 dari 6 halaman

Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan ini juga memiliki pesawat pribadi. Tidak hanya itu, Susi bahkan mempunyai perusahaan maskapai penerbangan bernama Susi Air. Susi juga memiliki perusahaan pelayanan carter pesawat. Banyak politisi dan pengusaha besar yang menggunakan jasa dari perusahaanya. (war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.