Sukses

Bandung Sabet Gelar Kota Kreatif dari UNESCO

Deputi Wakil Tetap RI untuk UNESCO, Fauzi Soelaiman mengaku bangga dengan prestasi Bandung.

Citizen6, Jakarta Irina Bokova, direktur jenderal UNESCO, pada beberapa hari yang lalu mengumumkan penunjukan anggota baru dari UNESCO Creative Cities Network (UCCN) yang terdiri dari 47 kota dari 33 negara.

Pengumuman tersebut dilakukannya di markas besar UNESCO yang terletak di Paris, Prancis. Deputi Wakil Tetap RI untuk UNESCO, Fauzi Soelaiman mengaku bangga dengan prestasi Bandung. Sebelumnya, pada 2014 lalu, kota Pekalongan yang juga berasal dari Indonesia telah lebih dahulu masuk dalam daftar UCCN dalam bidang craft dan folk art atau kerajinan dan kesenian.

Dilansir Kemendikbud pada Selasa (15/12/2015), Irina Bokova, mengungkapkan "Terdapat tujuh bidang kreatif dalam UNESCO Creative Cities Network untuk ke-47 kota itu, yakni kerajinan dan kesenian rakyat, desain, film, gastronomy, sastra, media, dan seni musik‎."

Selain Bandung, kota lain di dunia yang juga masuk ke dalam Creative City Network adalah Budapest, Singapura, Detroiy (Amerika Serikat), Puebla di Meksiko, dan Kaunas di Lithuania.

Bandung juga sedang giat mempromosikan proyek terbarunya, yakni “Bandung Metropolis”. Proyek baru ini disebut-sebut sebagai Silicon Valley ala Indonesia. Sebelum ditunjuk sebagai Creative Cities Network oleh UNESCO, tahun ini Bandung juga berhasil mencuri perhatian dunia saat sukses menjadi tuan rumah saat mengadakan Peringatan Konferensi Asia Afrika.

(soy/ul)

 

Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini