Sukses

Ternyata, Emosi Sedih Bisa Membuat Hidup Lebih Baik

Kebanyakan dari kita ketika mendengar kata emosi maka yang langsung terbersit adalah kemarahan, kesedihan, dan semua hal negatif.

Citizen6, Jakarta Kebanyakan dari kita ketika mendengar kata emosi maka yang langsung terbersit adalah kemarahan, kesedihan, dan semua hal negatif. 

Emosi seringkali dikaitkan dengan kesedihan, dan ketika seseorang sedang bersedih kebanyakan orang cenderung menganggap kesedihan itu akan membuat orang putus asa, tidak bisa melakukan hal lain dengan baik, terpuruk bahkan kehilangan motivasi.

Tapi anggapan seperti itu bisa ditepiskan, karena ternyata ketika seseorang berada dalam keadaan emosi sedih justru orang tersebut akan lebih memiliki motivasi yang kuat. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dikutip dari psychologytoday yang menjelaskan bahwa emosi sedih bisa meningkatkan daya pikir, motivasi hingga kehidupan social.

Dengan kata lain emosi sedih bisa membuat kesehatan tubuh dan mental anda lebih baik.dari hasil penelitian ini ada tujuh manfaat yang bisa kita peroleh saat kita merasa sedih.

1. Meningkatkan daya ingat.

Orang yang sedang sedih akan lebih peka terhadap hal-hal yang terjadi disekelilingnya. Hal inilah yang membuat orang yang sedih bisa lebih mudah mengingat hal-hal yang terjadi.

2. Memiliki penilaian yang akurat.

Good mood atau perasaan bahagia bisa membuat penilaian kita akan sesuatu lebih biasa. Sedangkan pada saat sedih kita akan lebih mampu menilai sesuatu dengan lebih baik dan akurat.

3. Tidak mudah tertipu.

Saat sedih, kita akan lebih awas dan bisa mendeteksi siapa yang tulus dan jujur dan siapa yang tidak.

4. Mengurangi streotipe negatif

5. Memiliki motivasi yang kuat.

Saat sedih kita akan “dipaksa untuk berjuang lebioh keras dari biasanya. Hasilnya kita akan memiliki motivasi yang lebih tinggi dari biasanya.

6. Meningkatkan keramahan.

Dibandingkan orang yang baru meninton film bahagia, orang yang baru meenonton film sedih cenderung akan lebih ramah dalam meminta sesuatu.

7. Menjadi lebih rendah hati.

Ketika seseorang sedang bersedih dia akan lebih logis dan rendah hati. Dia cenderung kan lebih peduli pada orang lain dan tidak mementingkan diri sendiri.

Saat kita merasa sedih, jangan langsung menekan agar kesedihan itu cepat hilang. Biarkan ia lebih mengalir dalam diri kita dan kita akan bisa merasakan manfaatnya. Tapi juga jangan terlalu terlarut dalam kesedihan karena ini juga bisa berdampak buruk bagi diri sendiri. Saat kita sudah mampu merasakan emosi dan menerimanya maka hidup akan terasa lebih baik.

Penulis:

Hijrani Sihombing

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.