Sukses

Salamander Raksasa Berusia 200 Tahun Ditemukan

Para ilmuwan di Cina berhasil menangkap sebuah salamander purba raksasa,

Citizen6, Jakarta Para ilmuwan di Cina berhasil menangkap sebuah salamander raksasa yang diketahui termasuk jenis salamander yang terancam punah, seperti diketahui bahwa di dunia ini terdapat sekitar 550 spesies salamander. Salamander yang ditemukan dan kemudian ditangkap di sebuah gua di Cina tersebut, juga diyakini oleh para ilmuan memiliki usia sekitar 200 tahun.

Dilansir TIME.com (16/17/2015) Salamander yang merupakan makhluk amfibi ini diketahui memiliki panjang tubuh sekitar 4,5 kaki dan berat 114 pounds. Untuk ukuran spesies salamander Andrias davidianus, hewan ini sebenarnya tidak terlalu besar, karena menurut data riset yang dimiliki ilmuwan, salamander jenis ini dapat tumbuh menjadi hewan yang besar, dan ukuran panjang tubuhnya dapat tumbuh mencapai sekitar enam kaki.

Karena spesies Salamander Andrias davidianus ini tergolong kritis karena terancam punah, para ilmuwan membawa binatang tersebut dari gua, untuk kemudian dipindahkan ke sebuah fasilitas penelitian yang lebih terlindungi.

Di Cina sendiri, salamander merupakan target bagi para pemburu karena dikenal kelezatannya untuk dijadikan bahan makanan. Hingga kini, populasi salamander di Cina terus mengalami penurunan sekitar 80% selama 50 tahun terakhir.

Penulis:
Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini