Sukses

7 Fakta Unik Payudara Wanita yang Belum Diketahui

Beberapa fakta unik payudara ini mungkin belum kamu ketahui. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Payudara merupakan salah satu bagian tubuh terpenting yang dimiliki oleh wanita. Banyak wanita yang rela menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk menjaga keindahan bentuk dari payudaranya. Namun tahukah, ada beberapa fakta unik dari payudara yang harus diketahui. Dikutip dari Times of India, ini dia.

1. Dua juta lebih wanita di dunia memiliki payudara palsu

Berdasarkan sebuah riset, ditemukan bahwa lebih dari 2 juta wanita memiliki implan payudara. Pamela Anderson, Katie Price, hanyalah beberapa nama yang dengan terang-terangan mengakui hal tersebut.

Angka yang tinggi tersebut menunjukkan wanita begitu memerhatikan payudara mereka sehingga mereka rela melakukan implan payudara. Sayangnya, tidak semua wanita yang telah melakukan operasi puas dengan hasil yang diperoleh.

2. Payudara kiri biasanya ukurannya lebih besar

Umumnya, ukuran payudara sebelah kiri yang dimiliki seorang wanita mempunyai ukuran yang lebih besar daripada sebelah kanan. Meski memang sulit untuk untuk melihat buktinya, namun ukuran dan bentuk kedua payudara memang tak mungkin bisa sama. Bahkan, puting payudara juga memiliki ukuran yang bervariasi satu sama lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berat payudara

3. Payudara terasa tak nyaman bila terguncang

Anda tentu pernah merasakannya, bukan? Memang, sejumlah aktifitas fisik seperti berlari, berjalan, maupun aerobik dapat menyebabkan rasa tak nyaman saat payudara terguncang. Karenanya, kenakan selalu bra dengan ukuran yang tepat guna meminimalkan guncangan. Hal tersebut akan mengurangi rasa nyeri pada payudara Anda.

4. Berat payudara rata-rata 0,5 kg

Payudara menyumbang 4-5% dari lemak tubuh. Dengan kata lain, 1% dari berat total tubuh wanita berasal dari lemak di payudara. Bobot rata-rata payudara wanita yakni 0,5 kg. Payudara akan tumbuh saat seorang perempuan menginjak usia dewasa. Namun, berdasarkan penelitian, wanita perokok cenderung memiliki payudara yang kendur ketimbang tak tak merokok.

3 dari 3 halaman

Ukuran payudara

5. Ukuran payudara bertambah saat terangsang

Tak ubahnya seperti penis, payudara akan membesar dan menjadi tegang saat terangsang. Hal ini juga terjadi pada puting payudara.

6. Terdapat rambut halus pada puting payudara

Tak banyak yang tahu, puting payudara wanita juga memiliki rambut halus layaknya puting di dada pria. Bedanya, rambut di puting pria bisa tumbuh lebih lebat ketimbang puting pada payudara wanita.

7. Payudara dapat berubah bentuk

Posisi telungkup saat tidur diyakini dapat mengubah bentuk payudara. Penting untuk menjaga posisi tidur dalam kondisi yang tepat agar kekencangan dan bentuk payudara terjaga. Posisi yang terbaik yakni tidur dengan cara menyamping dan memakai bantal sebagai alas. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.