Sukses

10 Makanan Mujarab Melawan Kanker Payudara

Makanan-makanan berikut ini diketahui dapat menghambat bahkan melawan sel kanker payudara

Citizen6, Jakarta Sampai saat ini, penyebab pasti kanker payudara belum bisa ditebak. Namun demikian, kanker payudara telah menjadi perenggut nyawa paling kejam setelah kanker leher rahim.

Di Indonesia sendiri, jumlah penderita kanker payudara cukup besar. Setidaknya, dari 100.000 penduduk, 26 perempuan di antaranya terkena kanker payudara.

Dengan memperbaiki pola hidup serta menjaga pola makanan, kanker payudara dapat dicegah. Berikut beberapa makanan yang dikenal dapat melawan kanker payudara.

1. Buah delima

Berdasarkan penelitian ilmuwan di City of Hope Beckman Research Institute, buah yang satu ini dikenal mengandung senyawa asam ellagic. Antioksidan kuat yang dapat menghambat enzim yang berperan dalam perkembangan kanker payudara. Tak hanya itu, buah delima juga dikaitkan mampu memperkuat kesehatan jantung.

2. Bayam

Sebagai sumber makanan yang tinggi folat, bayam dapat mencegah berkembangnya sel-sel jahat penyebab kanker. Menurut studi American Journal of Epidemiology tahun 2011, wanita premenopause yang rajin mengonsumsi bayam memiliki risiko 40 persen lebih rendah mengidap kanker payudara.

3. Ikan salmon

Peneliti di Toronto Mount Sinai Hospital menemukan, konsumsi ikan salmon yang kaya kandungan asam docosahezaenoic (DHA) serta omega-3 dapat membunuh sel kanker di payudara dan membantu menghentikan penyebaran penyakit ke bagian lain dari tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telur

4. Telur

Telur mengandung nutrisi penting bernama Kolin yang dapat menurunkan risiko menderita kanker payudara sebesar 24 persen. Demikian menurut studi di Amerika Serikat yang melibatkan lebih dari 3.000 responden. Disarankan, perempuan harus memenuhi 425 miligram Kolin per hari untuk terhindar dari kanker payudara.

5. Jamur

Studi dari Nutrition and Cancer pada tahun 2010 menyatakan, kebiasaan mengonsumsi jamur erat kaitannya dengan rendahnya risiko kanker payudara di kalangan perempuan pra-menopause. Antioksidan seperti L-ergothioneine dalam jamur tiram, cremini, atau shiitake dapat memberikan perlindungan terhadap kanker.

6. Brokoli kecambah

Tanaman ini dikenal memiliki kandungan tinggi sulforaphane yang terkait dengan antioksidan. Peneliti dari University of Michigan menyebutkan senyawa ini dapat menghancurkan sel-sel tumor.

7. Blueberry

Pterostilbene, senyawa dalam blueberry diketahui dapat menghentikan pertumbuhan tumor maupun kanker payudara dengan proses apoptosis.

3 dari 3 halaman

Roti Gandum

8. Kenari

Penelitian dari West Virginia Marshall University School of Medicine menemukan kandungan omega-3, antioksidan, dan pitosterol pada kenari dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan mengonsumsi 60 gram kenari setiap hari, perkembangan tumor dan kanker payudara dapat dihentikan.

9. Roti gandum

Konsumsi roti gandum diketahui dapat menghambat risiko kanker payudara. Serat, lignan, vitamin, mineral, dan asam fitat phytonutrisi dalam roti gandum baik untuk mereka yang tengah berjuang dengan kanker payudara.

10. Lentil

Studi dari The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2009 menganalisis pola diet lebih dari 3.500 perempuan Asia-Amerka. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa asupan tinggi kacang polong yang meliputi lentil dan kacang-kacangan lainnya dapat menghambat risiko kanker payudara.(sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini